KABAR BIREUEN – Dalam pelaksanaan program TMMD Ke-105 Kodim 0111/Bireuen bersama masyarakat membersihkan dan membenahi saluran irigasi persawahan di Desa Blang Perlak, Kecamatan Makmur, Kabupaten Bireuen, Jumat (19/07/2019).

Kegiatan itu dilakukan Satgas TMMD bersama masyarakat setempat.

Pembersihan dilakukan sepanjang saluran irigasi areal pesawahan Desa Blang perlak. Dengan harapan dapat meningkatkan hasil pertanian masyarakat. Menuju swasembada pangan.

Air merupakan salah satu faktor utama yang memengaruhi hasil pertanian masyarakat, khususnya kala kemarau. Suplai air yang optimal diyakini akan menjamin kebutuhan tanaman padi agar tumbuh normal.

Pasiter Dim 0111/Bireuen, Kapten Inf Syawaludin menyampaikan, kebersihan saluran air dapat mengoptimalkan swasembada pangan masyarakat.

Dia pun mengingatkan, babinsa, PPL, perangkat desa, kelompok tani, dan masyarakat harus tetap menyatu, khususnya dalam menjaga kelancaran dan kebersihan saluran irigasi persawahan.

“Diharapkan kerjasama yang baik antara petani, babinsa, dan PPL. Di samping sebagai upaya khusus meningkatkan produktivias pertanian, ini juga bermakna wujud kebersamaan TNI dan rakyat,” pungkas Pasiter. (Ihkwati)

BAGIKAN