KABAR BIREUEN-Bupati Bireuen H. Saifannur S.Sos  membuka secara resmi kegiatan Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda) PORA XIII  2018 Kabupaten Bireuen, di halaman Pendopo Bupati setempat, Selasa sore (2/10/2018),

Bupati Saifannur mengatakan, pelaksanaan Pelatda merupakan tahapan penting dalam usaha mempersiapkan para atlet untuk peningkatan prestasi olahraga menghadapi PORA ke-13.

Oleh karena itu Pemkab Bireuen sangat mendukung kegiatan yang digagas oleh pengurus KONI. Hal ini tentunya menjadi bukti nyata akan upaya meraih prestasi terbaik pada ajang yang diikuti oleh 23 Kabupaten/Kota.

Pemkab Bireuen bersama Pimpinan dan anggota DPRK telah berupaya semaksimal mungkin menganggarkan dana dalam APBK Bireuen tahun 2018.

“Ini menjadi indikasi bahwa kami menaruh perhatian yang sangat besar untuk meningkatkan prestasi olahraga di Kabupaten Bireuen,” sebutnya.

Kontingen Kabupaten Bireuen dalam mengikuti pora mulai dari tahapan persiapan alat dan peralatan dan perlengkapan serta pemberangkatan Kontingen menggunakan uang rakyat.

“Karena itu sekecil apapun anggaran yang diterima harus dipertanggungjawabkan baik secara administrasi, prestasi maupun kinerja,” katanya.

Bupati berpesan agar para atlet dan pelatih agar dapat melatih sungguh-sungguh, begitu juga kepada panitia Pelatda, agar fokus melakukan tugas-tugas sesuai bidang masing-masing.

Sebelumnya Ketua panitia, Zamzami menyebutkan, kontingen Kabupaten Bireuen pada ajang ini memberangkatkan 224 orang dari 18 cabang olahraga yang lolos mengikuti PORA XIII 2018.

Ke 224 orang tersebut terdiri dari 165 Atlet, 45 orang Pelatih dan Manager sebagai pendamping berjumlah 14 orang.

Sementara itu, Ketua Umum KONI Bireuen, H.Mukhlis A.Md diwakili Ketua Harian, Drs Murdani menyampaikan, KONI Kabupaten Bireuen saat ini membina 33 cabang olahraga, 18 cabor berhasil lolos mengikuti pola ke-13 di Aceh Besar mulai tanggal 18-25 November 2018, cabang olahraga yang lolos pora telah melakukan persiapan atlet dengan latihan mandiri

Dia berharap atlet berlatih sungguh-sungguh, patuh pada arahan pelatih, disiplin dan pantang menyerah saat pertandingan nantinya.

Pemerintah Kabupaten Bireuen bersama DPRK telah menganggarkan dana dalam APBK-P Bireuen melalui pos bantuan hibah untuk KONI sebesar Rp 1,9 miliar yang diperuntukan untuk operasional, kegiatan cabang olahraga mengikuti event dan anggaran untuk PORA.

“Kita harus menggunakan dana tersebut seefektif mungkin sesuai dengan kebutuhan. Cukup tidak cukup, diusahakan agar memadai, sesuai dengan perhitungan plafon dari anggaran yang telah disusun,” sebutnya.

Terhadap anggaran peralatan yang belum dapat terpenuhi sesuai dengan kebutuhan, kami harapkan dapat disesuaikan mengingat anggaran kita sangat terbatas.

Atas nama Pengurus, KONI mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Kabupaten Bireuen dan DPRK yang telah menyetujui tambahan anggaran dalam APBK-P untuk mengikuti PORA XIII,  walaupun kemampuan keuangan daerah sangat terbatas.

“Terima kasih kepada pengurus cabang olahraga yang telah membina dan mempersiapkan atlet untuk mengikuti Prapora dan Pora. Semoga dengan semangat kebersamaan Kabupaten Bireuen akan memperoleh prestasi membanggakan pada PORA di Aceh Besar,” pungkasnya.

Pembukaan Pelatda itu dihadiri oleh Pimpinan dan anggota DPRK Bireuen, Unsur Forkopimda  para Asisten, Kepala Dinas, Badan, Kantor, Bagian dan Lembaga keistimewaan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bireuen,

Kemudian Pengurus KONI, Pengurus Cabang Olahraga, Manajer, Pelatih dan Atlet Pelatda, Para Tokoh Olahraga, Pemerhati Olahraga dan undangan lainnya.(Herman Suesilo)