KABAR BIREUEN – Gampong Matangglumpangdua Meunasah Dayah, Kecamatan Peusangan, Kabupaten Bireuen, berhasil meraih penghargaan sebagai Desa Terbaik Bidang Pemberdayaan Masyarakat dalam rangka HUT Bhayangkara ke-75.

Hal ini diraih Gampong Matangglumpangdua Meunasah Dayah, setelah aparatur bersama masyarakat setempat, berhasil melaksanakan berbagai kegiatan dengan maksimal dalam upaya pencegahan Covid-19.

Penghargaan tersebut diserahkan Kapolres Bireuen, AKBP Taufik Hidayat, SH., SIK., M.Si, kepada Keuchik Matangglumpangdua Meunasah Dayah, Rifian Nurdin, di Mapolres Bireuen, Kamis (1/7/2021).

Dalam keterangan pers seusai penyerahan penghargaan itu, Rifian Nurdin mengatakan, untuk mendukung Posko PPKM Mikro, masyarakat Matangglumpangdua Meunasah Dayah telah terlibat aktif sejak pemerintah menetapkan status PPKM Mikro di Aceh. Dengan melibatkan juga relawan satgas Covid-19, Posko PPKM Mikro telah melakukan berbagai kegiatan guna mencegah penyebaran Covid-19.

“Misalnya, dari seksi pembinaan, kegiatan yang dilaksanakan yaitu tertib melakukan edukasi kepada warga tentang bahaya Covid-19 yang melibatkan Babinsa, Babinkamtibmas beserta relawan Covid-19,” sebut Rifian.

Selain itu, kata dia, dari seksi penanganan kegiatan yang dilajukan yaitu mengamankan lokasi warga yang terpapar Covid-19, melakukan pendampingan pasien, serta melakukan penyemprotan desinfectan disekitar lokasi.

Bukan hanya seksi pembinaan dan penanganan, terdapat seksi pencegahan dan seksi pendukung lainnya dalam menekan penyebaran Covid-19. Bahkan, Rifian menyebutkan, saat ini setiap warga ikut berpartisipasi mengikuti program vaksinasi yang dicanangkan oleh pemerintah.

 

“Alhamdulillah kita mendapatkan penghargaan terbaik kategori Pemberdayaan Masyarakat Gampong, mengingat Matangglumpangdua Meunasah Dayah juga tercatat sebagai Gampong Tangguh Covid-19. Dalam kegiatan gampong tangguh ini, melibatkan partisipasi masyarakat di bidang pangan dan pertanian,” jelas Keuchik Rifian.

BACA JUGA: Kapolres Bireuen Kunjungi Kampung Tangguh Covid-19 di Matangglumpangdua Meunasah Dayah

Atas prestasi tersebut, dia mengapresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh masyarakat Gampong Matangglumpangdua Meunasah Dayah, Satgas Posko PPKM Mikro Covid 19, Camat Peusangan, Kapolsek Peusangan, Danramil Peusangan, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Kepala Puskesmas Peusangan, Aparatur Gampong, beserta unsur lembaga gampong yang telah bekerja keras dan kompak dalam mendukung kegiatan Posko PPKM Mikro ini.

“Semoga ke depan, berkat kekompakan kita semua, Covid-19 segera berakhir,” harap Keuchik Rifian Nurdin.

Turut hadir dalam acara tersebut Bupati Bireuen, Dr. H. Muzakkar A. Gani, SH., M.Si, Kapolres Bireuen AKBP Taufik Hidayat, SH., SIK., M.Si, Ketua DPRK Bireuen Rusyidi Mukhtar, S.Sos, beserta unsur Forkopimda Bireuen lainnya, Kapolsek Peusangan dan para pejabat utama jajaran Polres Bireuen. (Rel)