KABAR BIREUEN – Bupati Bireuen, Dr H Muzakkar A Gani SH MSi, melepas pemain dan pengurus PSSB ke Sumatera Utara (Sumut) di Pendopo Bupati Bireuen, Minggu (19/9/2021) malam.

Bupati Muzakkar A Gani dalam sambutannya menyebutkan, PSSB adalah marwah sepak bola Bireuen. Karena itu harus dibangkitkan lagi semangat juangnya.

“Marwah sepak bola Bireuen adalah PSSB, anak-anak harus berjuang untuk PSSB, bangkitkan kembali semangat juang dan marwah sepak bola Bireuen. Walau hanya laga ujicoba, namun semangat juang harus selalu dikobarkan,” pesan Bupati Muzakkar, yang dulunya juga mantan Sekum PSSB saat Bireuen dipimpin Mustafa A Glanggang.

Muzakkar  berharap pada Liga 3 ini PSSB kembali bersinar dan tidak tenggelam dengan semangat tim Kota Juang PSSB terus dibina oleh pelatih yang senior ini. Harus dibangkitkan lagi, dan memberikan spirit baru agar PSSB tak padam lagi.

Dikatakannya, kondisi saat itu, pengurus kembali dihadapkan dengan persoalan baru, yakni harus menanggulangi hutang dengan pemain, rata-rata pemainnya dikontrak.

Muzakkar mengharapkan pengertian semua pihak, bila anggaran untuk membantu bangkitnya Tim PSSB ini tidak memadai, akan tetapi pihaknya tidak tinggal diam untuk bisa membantu kesejahteraan para pengurus anggota pemain tim PSSB Bireuen.

“Kita akan upaya semaksimal mungkin untuk membantu pengurus dan pemain, yang sudah bersusah payah, bekerja sama membuka kembali club bola kaki ini, demi untuk kemajuan Daerah,” sebutnya.

Sementara itu, Ketum PSSB, Mustafa A Glanggang mengharapkan sepak bola Bireuen harus bangkit, nama besar PSSB harus dikembalikan dalam kancah sepak bola nasional.

Hal senada disampaikan Sekum PSSB, Tarmizi Hamid alias Tar Beuligat yang juga mantan punggawa PSSB era tahun 80-an.

Tim PSSB saat ini sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti kompetisi Liga 3 PSSI Regional Aceh. Namun sebelum ajang kompetisi ini dimulai, Laskar Kota Juang terus melakukan berbagai persiapan.

Di antaranya dengan melakukan beberapa kali ujicoba dengan sejumlah klub terbaik di Bireuen dan Aceh, serta Sumut.

Bahkan kini tim yang dilatih M Yusuf Usman, Sanusi, Safri Erliwan, serta Bachtiar Juli (Direktur Tehnik) dan Darmawan (Sekretaris Tim), sudah bertolak ke Medan untuk melakukan ujicoba dengan beberapa tim terbaik di Provinsi Sumut.

Di antaranya, PSSB akan menjajal PSDS Deli Serdang di Lubuk Pakam, Serwai United Medan, serta tim Binjai Sumut. Dalam laga ujicoba ini, tim kebanggaan masyarakat Bireuen memboyong 24 pemain ke Medan.

Mereka adalah M Rizki Aulia, Radha Firman, serta Riski (Kiper). Kemudian ada Bahagia, Irvan, Syauki Mahdi, Zumardi, Arda, Alhadi, Irwandi, Khailir (belakang), Martunis BA, Ardi, Jihatul Fazal, Afzal Zikri, Fauzan, Fauzi (tengah). Selain itu, juga ikut Agussalim Belo, Rahmat Ibra, Furqan, Zulfikar, M Nasir, serta M Rijal (striker).

Acara penglepasan tersebut turut dihadiri mantan pemain PSSB, Fadhil Rahmi, anggota DPD RI asal Bireuen, yang juga ikut memberi motivasi kepada anak-anak PSSB yang akan berlaga di Sumut, para pemain dan pengurus PSSB serta tamu undangannya lainnya.

Usai acara penglepasan, Tim PSSB Bireuen langsung diberangkatkan ke Medan, Sumatera Utara dengan menggunakan dua unit bus. (Ihkwati /*)