KABAR BIREUEN – Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Bireuen melalui Bidang Pemuda dan Olahraga, kembali menggulir lanjutan kompetisi Badan Liga Sepak Bola Pelajar Indonesia (BLiSPI) Tingkat Kabupaten Bireuen Tahun 2018.

Kompetisi tersebut dilangsungkan di lapangan sepak bola Pulo Kiton selama empat hari, 30 Juli hingga 2 Agustus 2018.

Ketua Panitia Pelaksana, Muhammad Al Muttaqin M.Pd, di sela-sela kegiatan pembukaan, Senin sore (30/7/2018) kepada Kabar Bireuen, mengatakan, kompetisi jenjang U-14 ini merupakan lanjutan dari kompetisi BLiSPI jenjang U-12 yang telah dilaksanakan pada Februari lalu.

“Kompetisi BLiSPI jenjang U-12 diikuti 24 SSB. Untuk jenjang U-14 kali ini diikuti delapan SSB, memperebutkan satu tiket ke tingkat Provinsi Aceh. Dengan menggunakan sistem gugur,” jelas Al Muttaqin.

Sementara untuk seleksi BLiSPI jenjang U-16, pelaksanaannya dijadwalkan pada minggu kedua Agustus 2018.

Menurut Al Muttaqin, tujuan dilaksanakannya kompetisi BLiSPI ini, untuk mendidik dan mengasah kemampuan sepakbola anak-anak usia dini. Selain itu, turnamen ini juga merupakan ajang bergengsi bagi anak-anak usia dini untuk menunjukan talenta yang dimiliki.

“Kita harapkan dengan adanya kompetisi BLiSPI berjenjang ini, masing-masing SSB dapat terus meningkatkan pembinaan terhadap anak-anak usia dini. Sehingga, kedepannya menjadi pemain sepak bola yang andal. Bukan tidak mungkin, mereka bakal menjadi pemain tim nasional nantinya,” harap Muhammad Al Muttaqin yang juga Kabid Pemuda dan Olahraga Disdikpora Bireuen ini.

Kedelapan SSB yang mengikuti kompetisi tersebut yaitu SSB Ayeum Mata, Bijeh Mata, Putra Makmur, Kupruk, Bina Pora, Persibate, Peusangan Putra dan Putra Sakti.

Pada laga pembuka sore ini, SSB Ayeum Mata berhadapan dengan SSB Bijeh Mata. (Herman Suesilo)