KABAR BIREUEN-Pemerintah Kabupaten Bireuen melalui dukungan program KOMPAK menggelar lokakarya Pengembangan Sistem Informasi Desa (SID), Selasa (8/8/2017) di salah satu hotel di Bireuen.

Lokakarya  tersebut dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Gampong, Perempuan dan Keluarga Berencana Kabupaten Bireuen Bob Mizwar S.STP,M.Si, mewakili Pemkab Bireuen, sekaligus sebagai salah satu narasumber dalam acara tersebut.

Lokakarya tersebut bertujuan membangun pemahaman dan pengetahuan Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Desa tentang Sistem Informasi Desa (SID).

Selanjutnya, untuk mengidentifikasi peran kebutuhan dan dukungan kebijakan, baik di tingkat Provinsi maupun Kabupaten dalam rangka optimalisasi pembangunan SID.

Dan mengidentifikasi format, fitur dan item data Sistem Informasi Desa (SID) sesuai input dan kepentingan Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Desa.

SID sebagaimana Undang-Undang Desa pasal 86 mengamanatkan bahwa Pemerintah Daerah wajib mengembangkan Sistem Informasi Desa (SID) dan pembangunan Kawasan Perdesaan.

SID meliputi data Desa, data Pembangunan Desa, Kawasan Perdesaan serta informasi lain yang berkaitan dengan Pembangunan Desa dan pembangunan Kawasan Perdesaan.

SID dikelola oleh Pemerintah Desa dan dapat diakses oleh masyarakat Desa dan semua pemangku kepentingan di tingkat supra desa. Pengembangan SID meliputi fasilitas perangkat keras dan lunak, jaringan dan sumber daya manusia.

Berdasarkan Permendagri Nomor 47 tahun 2016 menyebutkan bahwa pengelolaan data dan informasi di desa meliputi data administrasi penyelenggaraan pemerintah desa, kependudukan, keuangan desa, pembangunan.

Narasumber lain yang terlibat lokakarya itu adalah Rando Nadeak (ICT Business Analyst Kompak Jakarta). Lalu Elly Supriadi, S.Si, M.Si (Sekretaris Tim RPJM Aceh), Teuku Fadli, ST (Tim SIPBM Pemko Banda Aceh).

Kemudian  Fitriadi (Tim SIPBM Pemko Banda Aceh), M. Fadhli, S.Kom, M.Si (Konsultan IT) dan Raihal Fajri (Direktur Kata Hati Institute).

Kegiatan berlangsung selama satu hari penuh dihadiri 46 peserta terdiri dari anggota DPRK Bireuen, Ismail Adam, dari  Bappeda Bireuen,  Disdukcapil Bireuen.

Ada juga dari Dinas Kesehatan Bireuen, Dinas Komunikasai, Informatika dan Persandian Bireuen, Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga,  Bagian PUM Setdakab Bireuen dan DPMG PKB.

Selanjutnya perwakilan camat dan staf kantor Camat Simpang Mamplam, TA PA P3MD dan perwakilan pendamping desa Kecamatan Simpang Mamplam.

Keuchik Desa pilot project program kompak yaitu Meunasah Asan, Krueng Meusegop, Paku, Ie Rhop Barat, Keude Tambu dan Blang Kuta Dua Meunasah dan juga perwakilan dari LSM serta relawan desa Kabupaten Bireuen.( Ihkwati)

 

 

BAGIKAN