KABAR BIREUEN-Seratusan pelajar tingkat SMP Negeri dan Swasta se-Kabupaten Bireuen mengikuti Lomba Olimpiade Sains Nasional (OSN) tahun 2018.

Kegiatan ini, diselenggarakan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga (Disdikpora) Bireuen, melalui Bidang Pembelajaran SMP,  memperlombakan tiga bidang lomba yaitu Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam dan Ilmu Pengetahuan Sosial.

Kegiatan dengan tema “Melalui Olimpiade Siswa Nasional Dapat Meningkatkan Mutu Pendidikan Yang Berazaskan Pendidikan Karakter” dibuka secara resmi oleh Kadis Disdikpora Bireuen Drs. Nasrul Yuliansyah, M.Pd, di halaman SMPN 2 Bireuen, Sabtu (26/3/2018).

Drs. Nasrul Yuliansyah, M.Pd dalam inti arahannya mengharapkan, melalui olimpiade ini dapat meningkatkan atmosfer kompetisi secara sehat dan jujur antar sekolah.

“Sehingga sekolah berlomba-lomba mengembangkan program peningkatan mutu pembelajaran dalam bidang Matematika, IPA, dan IPS,” kata Nasrul Yuliansyah.

Menurut Kadis Disdikpora Bireuen ini, semenjak dirinya menjadi kadis hingga menjelang masa pensiunnya, belum pernah sekalipun utusan OSN-SMP Kabupaten Bireuen, mewakili Provinsi Aceh di tingkat nasional.

Lain halnya dengan OSN-SD, sudah delapan kali perserta dari Kabupaten Bireuen mewakili Provinsi Aceh ke tingkat nasional.

Bahkan, tambah Nasrul, pada OSN-SD  tahun 2015, di Yogjakarta , M. Imamum Khalis murid dari SDN 1 Bireuen, menjadi juara I Tingkat Nasional, dibidang Matematika.

“Kita harapkan utusan OSN-SMP tahun ini, dapat mewakili provinsi dan menjadi juara di tingkat nasional,” harap Nasrul Yuliansyah.

Sebelumnya, panitia pelaksana Zamzami S.Pd melaporkan, Lomba Olimpiade Sains Nasional (OSN) tahun 2018 ini, serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia.

Dijelaskan, Lomba OSN-SMP di Kabupaten Bireuen dilaksanakan satu hari penuh, di SMPN 2 Bireuen, Sabtu (26/3/2018) di memperlombakan tiga bidang lomba yaitu Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam dan Ilmu Pengetahuan Sosial.

Lomba ini diikuti 210 peserta dari 70 SMP baik negeri maupun swasta di Kabupaten Bireuen.

“Setiap mata lomba yang diperlombakan, setiap sekolah mengutuskan satu orang sebagai peserta,” urai Kasi Kelembagaan dan Sarana Prasarana Disdikpora Bireuen ini.

Dari masing-masing mapel, sebut Zamzami, yang diperlombakan, diambil tiga pemenang, Juara I, II dan III, akan mewakili Kabupaten Bireuen mengikuti ajang yang sama di tingkat Provinsi. (Herman Suesilo).

BAGIKAN