KABAR BIREUEN-Sebanyak 60 alumni dan mahasiswa Fakultas Teknik Sipil Universitas Almuslim ikuti Bimbingan Teknis Sistem Manajemen Keselamatan Konstruksi (Bimtek SMKK) berlangsung  1 – 3 Oktober 2019 di Aula Fakultas Teknik Kampus Timur Universitas Almuslim.

Bimtek  digelar atas kerjasama  Balai Jasa Konstruksi Wilayah I Banda Aceh dengan Fakultas Teknik Universitas Almuslim berlangsung tiga hari.

Narasumber bimtek dari Ditjen Bina Konstruksi Kementerian PUPR, Balai Jasa Konstruksi Wilayah I Aceh, Disnaker dan BPJS.

Kepala Balai Jasa Konstruksi Wilayah I Banda Aceh Ir. M. Hilal, MT diwakili  Kepala Bagian Tata Usaha Danny Suriansyah, ST., MT, menyampaikan, kegiatan ini dilaksanakan untuk mengimplementasikan Undang – undang Nomor 2 Tahun 2017 Tentang Jasa Konstruksi.

Dimana, sebutnya, penyelenggaraan jasa konstruksi harus memenuhi standar keamanan, keselamatan, kesehatan, keberlanjutan, perlindungan sosial tenaga kerja serta pengelolaan lingkungan hidup.

Selain itu Undang – undang jasa konstruksi telah mengatur tentang kewajiban pekerja proyek harus memiliki sertifikat.

“Seluruh peserta diharapkan dapat memahami dengan baik SMKK yang diterapkan dalam penyelenggaraan konstruksi sehingga pelaksanaan konstruksi mulai dari tahap perencanaan dan pengawasan memenuhi standar keselamatan, kesehatan kerja dan lingkungan hidup,” katanya.

Acara dibuka Wakil Rektor I Bidang Akademik Universitas Almuslim Dr.Hambali, SE., M.Pd,  menyampaikan, kegiatan ini sinergi dengan tuntutan kurikulum Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dimana setiap alumni selain memikili ijazah juga diharuskan memiliki sertifikat keahlian sebagai modal untuk terjun ke dunia kerja.

“Dalam persaingan global teknologi dan pelaksanaan konstruksi seorang lulusan perguruan tinggi tidak hanya cukup dengan memiliki ijazah, tapi diperlukan sertifikat keahlian sebagai pendamping ijazah yang menunjukkan kompetensi seorang alumni. Kegiatan ini diharapkan dapat berlangsung secara kontinyu supaya alumni FT Umuslim dapat memenuhi standar untuk bekerja dalam berbagai proyek konstruksi,” jelasnya.

Usai acara juga dilakukan kerjasama (MoU) antara Fakultas Teknik Umuslim dengan Balai Jasa Konstruksi Wilayah I Banda Aceh, dilakukan Kepala Bagian Tata Usaha Danny Suriansyah, ST., MT dan Dekan FakultasTeknik Ir. Iskandar Azis, MT.

Penandatangan kerjasama tersebut turut disaksikan oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiwaan FT Umuslim Husaini, ST., M.Eng, Kaprodi Teknik Sipil Suhaimi, ST., MT dan dari pihak Balai Jasa Konstruksi disaksikan oleh ketua panitia penyelenggara Yusnini, A.Md dan Muhammad Nasir, ST., MT selaku pengawas. (Ihkwati)

 

BAGIKAN