KABAR BIREUEN – Sekolah Dasar Negeri (SDN) 12 Bireuen wisuda Tahfiz Quran Angkatan ke-3 Tahun 2021 dan Lounching Buku Karya Siswa dan Karya Guru.

Acara itu berlangsung di Sekolah tersebut di Gampong Cot Gapu, Kecamatan Kota Juang, Kabupaten Bireuen, Rabu (31/3/2021).

Pada kegiatan yang dirangkaikan dengan penglepasan Siswa Kelas 6 Tahun Ajaran 2020/2021, dihadiri Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bireuen, Drs M Nasir, MPd, Kepala UPTD Kecamatan Jeumpa, Ketua Komite SD Negeri 12 Bireuen, perangkat Gampong Cot Gapu, para wali siswa dan pejabat dari Kantor Kemenag Bireuen.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bireuen, Drs M Nasir, MPd dalam sambutannya pada acara yang disesuaikan dengan prokes mengapresiasi kegiatan tahfiz quran dan literasi yang telah dilaksanakan oleh SD Negeri 12 Bireuen.

“Harapan kami kegiatan seperti ini akan berlanjut dan menjadi contoh bagi sekolah dasar lainnya di Kabupaten Bireuen,” ujar Drs M Nasir, MPd.

Kepala Dinas itu juga menyebutkan, sudah banyak sekolah yang melaksanakan kegiatan tahfiz di Kabupaten Bireuen. Tetapi menurut kadis itu jarang sekali yang memberikan penghargaan kepada peserta seperti yang dilakukan oleh SD Negeri 12 Bireuen.

Sedangkan untuk para siswa kelas 6 yang akan mengakhiri pendidikan di SD Negeri 12 Bireuen, diharapkan oleh Kepala Dinas M Nasir supaya dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya. Begitu pula dengan orangtua, sebut kadis itu agar selalu memotivasi ‘buah hatinya’ untuk menggapai cita citanya.

Kepala SD Negeri 12 Bireuen, Ainiah, SPd sebelumnya menyebutkan, SD Negeri 12 Bireuen yang dipimpinnya itu pada angkatan ke – 3 tahun 2021 ini berhasil mewisuda sebanyak 12 siswa, mulai dari kelas 3 sampai kelas 6 untuk katagori juz 30 dan 29.

Terkait dengan lounching buku, sebut Ainiah, SD Negeri 12 Bireuen telah mencetak 3 buku karya siswa dan guru dalam kegiatan Gerakan Sekolah Menulis Buku Nasional (GSMBN) yaitu Gebyar Literasi Masa Pandemi, Pelangi Literasi Bumi Serambi, Kado Literasi Bumi Selanga.

Ainiah juga menyebutkan buku tersebut terdiri dari buku tunggal karya Yunasri, SPd (Guru SD Negeri 12 Bireuen), dan dua buku lainnya merupakan kumpulan karya guru dan siswa.

“Penghargaan yang mampu diraih adalah karya Silvia dan tulisan kepala sekolah, yaitu karya kami pribadi yang masuk nominasi 100 karya terbaik tingkat nasional,” ujar Ainiah. (Rizanur)