KABAR BIREUEN–Babinsa sebagai ujung tombak Satuan Teritorial mempunyai banyak peran dalam masyarakat.

Seorang Babinsa harus memiliki kemampuan penguasaan wilayah mulai dari Geo, Demo dan Komsos di wilayah yang menjadi binaanya Pos Ramil Jeumpa yangmemiliki 42 desa yang menjadi binaan.

Pada umunya masyarakatnya terdiri dari petani dan nelayan dan sebagai Babinsa di Komando Kewilayahan, mereka harus aktif turun ke wilayah binaan guna mengetahui kondisi dan situasi yang ada di desa binaannnya.‎

Hal itu dikatakan Dandim 0111/Bireuen Letkol Inf Amrul Huda , S.E., M.M., M.Sc, Selasa (27/3/2018) yang  menyebutkan Babinsa harus selalu hadir ditengah-tengah masyarakat, bagaimana Babinsa bisa mengetahui situasi wilayahnya kalau tidak ada di desanya.

“Kedekatan Babinsa dengan desa dan masyarakat diharapkan bisa memberikan rasa aman, nyaman dan bisa membantu apa yang menjadi kesulitan masyarakatnya,” ujarnya .‎

Danpos Ramil Jeumpa Pelda Saiful menambahkan, seorang Babinsa harus selalu siap membantu masyarakat dalam segala hal.

“Seperti Wasbang dan Karya Bhakti yang berguna bagi masyarakat nelayan maupun petani dan kegiatan lainnya,“ katanya.‎

Ridwan Taleb sebagai Panglima Laot wilayah pesisir pantai Desa Bate Timoh, Kecamatan Jeumpa, Bireuen menyampaikan, kehadiran Babinsa di tengah tengah masyarakat Desa Batee Timoh masih sangat dibutuhkan.

“Kita nelayan masih membutuhkan Babinsa karena  Bapak Babinsa selalu siap membantu kesulitan nelayan dan mempunyai peran nyata dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat nelayan. Diharapkan kebersamaan ini terus tetap dilaksanakan bahkan sangat perlu ditingkatkan lagi,” ungkapnya. (REL)