Anggota DPRK bireuen dari partai demokrat Zulfikar Apayup bersama Pj Keuchik Geulanggang Gampong, Kota Juang, Azhar

KABAR BIREUEN- Anggota DPRK Bireuen,  Zulfikar Apayup  meminta Pemerintah Kabupaten Bireuen, melalui dinas terkait untuk melengkapi terlebih dahulu fasilitas di Pasar Induk Bireuen sebelum merelokasi pedagang dari pasar lama, Kota Juang, Bireuen.

Salah satu hal yang paling penting adalah akses jalan ke lokasi Pasar Induk Bireuen, yang rusak parah.

“Selain atap bocor dan kran air juga masih kurang,” sebut politisi Partai Demokrat itu kepada Kabar Bireuen, Rabu (21/3/2018).

Dikatakannya, berdasarkan keluhan pedagang, jika semua fasilitas itu diperbaiki dan dibenahi, pedagang akan dengan sukarela pindah setelah lebaran tanpa harus diperintah.

“Pedagang meminta agar direlokasi setelah lebaran, semoga saja ini mendapat perhatian Pemkab Bireuen dan memenuhi keinginan mereka,” jelasnya.

Zulfikar juga meminta Dinas Penanaman Modal, Perdagangan, Koperasi dan UKM Kabupaten Bireuen, melakukan pertemuan atau dialog secara khusus  dengan pedagang.

Pada kesempatan itu, Sekretaris Komisi B DPRK Bireuen itu juga mengharapkan Bupati Bireuen H Saifannur S.Sos untuk sesekali turun ke lapangan atau ke gampong untuk mendengarkan langsung keluhan pedagang dan  masyarakat.

“Bupati jangan hanya mendengar laporan dinas, tapi turun langsung mengecek ke lapangan,” harapnya.

Sebagai wakil rakyat kata Zulfikar, jika rakyat bereaksi, maka dewan memberi solusi.

“Yang baik dilanjutkan dan yang belum baik diperbaiki. Sebagai politisi Partai Demokrat, kita peduli dan beri solusi,” kata anggota dewan Dapil I Kota Juang dan Kuala itu.

Semetara itu, Pj Keuchik Geulanggang Gampong, Azhar lokasi Pasar Induk  Bireuen, menyebutkan, pihaknya dan masyarakat gampong mengharapkan dapat memperoleh manfaat dengan keberadaan Pasar Induk Bireuen di gampong mereka.

“Misalnya saja dilibatkan dalam pengelolaan parkir, keamanan serta pengelolaan retribusi pajak,” pintanya.

Dia juga meminta dinas Pekerjaan Umum Bireuen dan Penataan Ruang Kabupaten Bireuen untuk memperbaiki jalan yang rusak menuju lokasi pasar induk tersebut.

Sebelumnya diberitakan, terkait rencana relokasi Terkait rencana relokasi pedagang dari pasar lama, Kota Juang Bireuen ke pasar induk di Desa Geulanggang Gampong, Kecamatan Kota Juang, mulai Rabu besok (21 – 31 Maret 2018), sejumlah pedagang mendatangi kantor DPRK Bireuen.

Kedatangan puluhan pedagang tersebut ke kantor DPRK Bireuen, Senin (19/3/2018) kemarin, disambut oleh Komisi B di ruang Badan Musyawarah (Banmus) DPRK setempat.

Saiful Azman, koordinator pedagang, kepada dewan dari Komisi B menyampaikan, sebenarnya mereka tidak menolak untuk direlokasi ke pasar induk. Namun, hanya diminta diberi tenggat waktu sampai habis lebaran nanti.

“Karena kalau direlokasi sekarang, membutuhkan masa untuk beradaptasi lagi. Sedangkan kita menjelang puasa dan lebaran, banyak kebutuhan,” ujar Saiful Azman.(Ihkwati).

BAGIKAN