KABAR BIREUEN – Wisata bahari Aceh makin mempesona, dengan semakin seringnya Aceh tampil dalam berbagai pameran wisata bertaraf internasional.

Pameran Deep and Extreme (DXI) Indonesia 2019, sebuah pameran terbesar di Asia Tenggara yang berbasis petualangan dan atraksi bawah laut, merupakan salah satu pameran tetap yang diikuti Aceh setiap tahunnya.

Pameran tersebut digelar mulai 4 hingga 7 April 2019 di Hall B, Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat. Aceh selalu tampil meriah dengan stand pameran yang didesign unik, millennial dan futuristik.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh, Jamaluddin, SE, M.Si, dalam keterangannya kepada media, Sabtu (6/4/2019), menyatakan, partisipasi Aceh pada pameran bertajuk petualangan bawah laut perlu terus didorong, dalam rangka memperkenalkan potensi wisata bahari Aceh.

Disebutkannya, Pameran DXI 2019 adalah salah satu pameran bergengsi internasional yang bertajuk bahari yang setiap tahunnya diikuti Pemerintah Aceh melalui Disbudpar Aceh.

“Keikutsertaan Aceh pada pameran khusus ini bertujuan, tidak hanya memperkenalkan ragam potensi wisata bahari Aceh dalam bentuk daya tarik wisata alam, seperti surfing, rafting, diving, trekking, yachting, freediving dan lain-lain, tapi juga sebagai momentum untuk mempromosikan ragam atraksi wisata adventure lainnya yang telah dikemas khusus dalam Calendar of Event (COE) Aceh 2019, seperti Sabang Marine Fest (Sabang, 27-30 April), Aceh Bike Cross Country (Bener Meriah, 22-23 Juni), Aceh International Diving Fest dan Lomba Photography Bawah Laut (Sabang, 6-7 Oktober), Freediving Championship (Sabang, 2-9 Nopember), dan masih banyak lainnya,” ungkap Jamaluddin.

Lebih lanjut Jamaluddin menyebutkan, Aceh juga berhasil memperoleh apresiasi dari pihak penyelenggara Pameran DXI 2019 sebagai provinsi yang telah berpartisipasi aktif pada DXI sejak tahun 2012, dengan memperoleh berbagai anugerah berturut-turut sebagai Stand Terbaik, Pelayanan Terbaik, Penyampaian Informasi Terbaik dan Stand Dekorasi Terbaik.

Aceh Aman dan Nyaman

Kepala Bidang Pemasaran Disbudpar Aceh, Rahmadhani, M.Bus menambahkan, Aceh adalah provinsi yang berada di kawasan paling barat Pulau Sumatera yang semakin memperkuat positioning daerahnya sebagai destinasi wisata menarik dan aman untuk dikunjungi.

“Dengan berbagai atraksi wisata menarik, khususnya wisata petualangan dan bahari dengan ragam atraksi bawah lautnya, Aceh telah menjadi destinasi favorit dan layak dikunjung wisatawan.

Dengan tema pameran DXI 2019, “Indonesia yang Bersih, Aman dan Nyaman untuk Berwisata”, Aceh hari ini dijamin aman dan nyaman untuk merasakan sensasi pengalaman berwisata di Aceh, ” ungkap Rahmadhani saat mendampingi para pengunjung yang hadir.

Sementara menurut Kasi Analisa dan Pengembangan Segment Pasar, Nurlaila Hamjah, MM, sepasang Duta Wisata Aceh 2019 dan pelaku industri wisata lainnya juga diikutsertakan dalam rangka mempromosikan ragam paket wisata mereka.

“Sepasang Duta Wisata Aceh, Hanief dan Cindy dan pelaku industri wisata Aceh lainnya dari beberapa daerah juga dilibatkan, seperti The Pade Resort, Zero Travel (BPKS), Pasir Putih Travel dan Halal Travel (Pemko Sabang), Ranu Surf (Pemkab Simeulue), dan beberapa pelaku industri lainnya dari Aceh Tenggara,” sebut Nurlaila.

Dia juga menambahkan, Barista Kopi Aceh juga diundang dalam rangka meracik kopi Aceh untuk berbagi sensasi kenikmatan kopi Aceh dengan pengunjung stand Aceh. (REL)

 

 

BAGIKAN