Wakil Bupati Bireuen Salat Tarawih Bersama Warga Gampong Bandar Bireuen

KABAR BIREUEN-Wakil Bupati Bireuen, Dr. H. Muzakkar A Gani, SH, M.Si, salat Isya dan Tarawih bersama warga  Gampong Bandar Bireuen dan sekitarnya, di meunasah gampong setempat, Rabu malam (16/5/2018).

Pada kesempatan itu, Muzakkar A Gani, menjelang salat tarawih memberikan tausiah singkat,  yang antara lain menyatakan, puasa dapat dikatakan sebagai ibadah yang istimewa dalam Islam.

Keistimewaan itu antara lain terletak pada adanya keterlibatan banyak aspek dalam diri manusia selama menjalankan ibadah puasa, baik aspek yang bersifat jasmaniah maupun aspek yang bersifat ruhaniah, aspek emosional dan aspek spiritual.

Salah satu ibadah mengandung banyak hikmah adalah ibadah puasa, dalam ibadah puasa, terdapat sejumlah nilai-nilai yang dapat membangun ketakwaan seorang hamba kepada Allah.

Hikmah teragung dari ibadah puasa adalah untuk mewujudkan ketakwaan. Takwa, tidak dibangun diatas satu nilai kebaikan. Takwa adalah akumulasi dari nilai-nilai dan unsur-unsur kebaikan yang beragam.

Dalam ibadah puasa, terdapat sejumlah nilai-nilai yang dapat membangun ketakwaan seorang hamba kepada Allah.

Diantaranya, dengan ibadah puasa dapat meningkatkan iman, melatih kesabaran, menekan syahwat dan mengendalikan hawa nafsu, menumbuhkan keikhlasan.

kemudian, menguatkan rasa muraqabatullah. meningkatkan rasa syukur, menghadirkan rasa belas kasihan dan ibadah puasa membersihkan hati dari noda.

“Mudah-mudahanhan ibadah kita semua menjadi ibadah terbaik kita pada puasa tahun ini,” ujar Muzakkar.

Menurut ketua kerukunan Gampong Bandar Bireuen ini, Bandar Bireuen salah satu gampong yang berada di pinggiran kota dalam wilayah Kecamatan Kota Juang.

Gampong Bandar Bireuen, salah satu cerminan bagi gampong-gampong lainnya yang ada di Kabupaten Bireuen.

“Keuchik, perangkat gampong lembaga-lembaga yang ada di gampong dan masyarakat setempat harus sinergitas memiliki semangat yang sama yaitu membangun gampong yang bersifat positif secara keseluruhan,” pungkas Wabup yang juga Ketua Kerukunan Gampong Bandar Bireuen ini.

Ditempat terpisah, Keuchik Bandar Bireuen, Adnan Adam mengajak warganya, untuk shalat berjamaah bersama baik itu shalat lima waktu ataupun shalat tarawih.

Selain itu, saling menjaga kerukunan, kekompakan, kebersihan lingkungan, keamanan dan ketertiban serta saling peduli terhadap tetangga. (Herman Suesilo).

BAGIKAN