KABAR BIREUEN-Wakil Bupati Bireuen, Dr. H.Muzakkar A.Gani, SH.,M.Si secara resmi membuka Sosialisasi Fatwa MPU Aceh Tahun 2019, di Aula Hotel Graha Buana. Selasa.(6/8/2019).

Pada kesempatan itu dalam sambutanya Muzakkar A.Gani mengatakan, Acara yang diadakan oleh Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Kabupaten Bireuen ini, membawa misi dan tujuan yang sangat mulia demi terwujudnya masyarakat Kabupaten Bireuen yang adil, makmur, aman dan damai berlandaskan Syariat Islam.

Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Bireuen sangat mendukung upaya-upaya yang sudah dilakukan MPU Aceh dan Bireuen, jelasnya.

Dengan sosialisasi 7 fatwa MPU Aceh. Muzakkar berharap, terutama kepada imum gampong dan Ormas Islam untuk lebih peduli lagi dengan perkembangan kehidupan beragama.

“Kita jangan gampang memvonis. Bila mendapati aliran yang diduga tidak sesuai dengan ajaran agama, laporlah kepada MPU,” harap Wakil Bupati Bireuen ini.

Fatwa MPU Aceh yang diikuti oleh imum syiek dan kepada masyarakat Kabupaten Bireuen agar dapat dijadikan pedoman dan rujukan hukum syarak dalam menjalankan syariat islam, pinta Muzakkar A. Gani.

Sebelumnya panitia pelaksana Drs Mawardi Usman MM melaporkan kegiatan ini bertujuan untuk mensosialisasikan fatwa MPU Aceh kepada masyarakat dalam Kabupaten Bireuen agar dapat dijadikan pedoman dan rujukan hukum syara’ dalam menjalankan Syari’at Islam.

Hasil yang diharapkan dalam kegiatan ini, yaitu supaya Fatwa MPU Aceh dapat sampai kepada masyarakat dalam Kabupaten Bireuen melalui para lmum Syiek.
Adanya satu sumber rujukan hukum Syar’i bagi masyarakat dalam menjalankan Syari’at Islam.

Kemudian, Terbangunnya kerja sama yang baik antara Ulama dan Pemerintah serta masyarakat dalam pelaksanaan Syari’at Islam.

Mawardi menjelaskan, peserta sosialisasi ini berjumlah 80 orang terdiri dari Imum Syiek Masjid dalam Kabupaten Bireuen, serta empat orang sebagai narasumber, yaitu Tgk. Nazaruddin (Ketua MPU Bireuen). Drs. Tgk. Djamaluddin Idris (Wakil Ketua 1 MPU Bireuen) dan Tgk Saifuddin Muhammad (Sekretaris Komisi A MPU Bireuen).

Hadir dalam pembukaan kegiatan ini, antara lain Ketua DPRK Bireuen. Unsur Forkopimda Bireuen. Kepala Dinas, Badan, Bagian dan Kantor di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bireuen.

Kemudian, unsur dari Kantor Komenterlan Agama Kabupaten Blreuen. Ketua dan Pengurus MPU Kabupaten Bireuen. Ketua, Sekretaris Lembaga Keistimewaan. Pemateri, lmum Syiek Mesjid dalam Kabupaten Bireuen, unsur Ormas Islam dan undangan lainnya. (Herman Suesilo).

BAGIKAN