KABAR BIREUEN – Universitas Almuslim (Umuslim) Peusangan Bireuen berada di peringkat 80 Perguruan Tinggi se-Indonesia. Informasi ini diperoleh, setelah Webometrics merilis peringkat perguruan tinggi di dunia tahun 2018.

Rektor Umuslim, Dr. H. Amiruddin Idris, SE.,M.Si melalui Kabag Humas, Zulkifli, M.Kom, kepada Kabar Bireuen, Kamis (12/7/2018), mengatakan, hasil peringkat ini berdasarkan informasi yang dirilis lembaga perangkingan perguruan tinggi di dunia tersebut.

Webometrics adalah salah satu perangkat sistem untuk mengukur atau memberikan penilaian terhadap kemajuan seluruh universitas atau perguruan tinggi terbaik di dunia (World Class University) melalui Website universitas tersebut,” jelas Zulkifli.

Menurutnya, perangkingan ini didasarkan pada gabungan indikator yang memperhitungkan, baik volume maupun isi web, visibilitas dan dampak dari publikasi web sesuai dengan jumlah pranala luar yang diterima.

Peringkat Webometrics atau juga dikenal sebagai Ranking Web of Universities, tambahnya, adalah sistem peringkat untuk universitas-universitas di dunia, berdasarkan pada gabungan indikator yang memperhitungkan baik volume maupun isi web, visibilitas dan dampak dari publikasi web sesuai dengan jumlah pranala luar yang diterima.

“Peringkat ini diterbitkan oleh Cybermetrics Lab, sebuah kelompok peneliti dari Dewan Peneliti Nasional Spanyol (Inggris: Spanish Nationan Research Council (CSIC),” imbuhnya.

Adapun peringkat untuk perguruan tinggi di Indonesia berdasarkan urutannya adalah, UI, UGM, ITB, IPB, Unsyiah, Unpad. Selain Unsyiah, dari Provinsi Aceh, Universitas Almuslim (Umuslim) masuk peringkat 80. Disusul Unimal peringkat 210 dan UTU Meulaboh pada posisi 300.

Kemudian, lembaga UniRank atau yang dulu dikenal dengan 4 International Colleges & Universities (4icu), juga merilis data pemeringkatan posisi laman resmi universitas terbaik dari berbagai negara, salah satunya Indonesia.

Untuk Aceh, berdasarkan data yang dirilis mereka, ada 15 perguruan tinggi dengan peringkat sebagai berikut, Unsyiah, Umuslim Peusangan, Unimal Lhokseumawe, UIN Ar Raniry, Unmuha, Universitas Ubudiyah, Unsam, UTU, Universitas Serambi Mekkah, Unaya, Jabal Ghafur, Gajah Putih, Universitas Saint Cut Nyak Dhien Langsa, Universitas Iskandar Muda, Universitas Gunung Leuser. (Rizanur)

BAGIKAN