Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Balai Penyuluh Kependudukan, Keluarga Berencana, dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) Kota Juang, Bireuen berhasil menjadi juara 1 Balai Penyuluhan Terbaik Tingkat Provinsi Aceh.

KABAR BIREUEN– Unit  Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Balai Penyuluh Kependudukan, Keluarga Berencana, dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) Kota Juang, Bireuen berhasil menjadi juara 1 Balai Penyuluhan Terbaik Tingkat Provinsi Aceh.

Trophy juara 1 tersebut diterima Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong Perempuan dan Keluarga Berencana Kabupaten Bireuen, Bob Mizwar S.STP, M.Si yang diserahkan Inspektur Utama  Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) RI, Drs. Agus Sukiswo, Ak., M.M, Rabu (31/1/2018) di Banda Aceh.

Bob Mizwar kepada Kabar Bireuen, Kamis (1/2/2018) mengucapkan syukur Alhamdulillah atas capaian prestasi tersebut. “Ini satu kembanggaan untuk Kabupaten Bireuen, Balai Penyuluhan KB dari Kota Juang, Bireuen berhasil menjadi juara 1. Bireuen hebat, masyarakat bermartabat,” ungkapnya bangga.

Sementara itu, Kepala UPTD KKBPK Kota Juang , Nurjani yang dihubungi Kabar Bireuen, Kamis (1/2/2018) menyebutkan, sebelumnya, balai penuluhan Kb yang dipimpinya mengikuti penilaian balai penyuluhan tingkat Kabupaten.

Lalu, sebutnya, dilkaukan penilaian balai penyuluhan yang berlokasi di gampong geudong-geudong, Kota Juang itu oleh pihak provinsi.

Dikatakannya, selama ini, ada sejumlah kegiatan yang dilakukan di balai penyuluhan KB tersebut, yaitu sebagai pusat penyuluhan, tempat berkumpulnya para penyuluh KB sebelum ke lapangan.

“Kita juga sering mengadakan pertemuan, raker  desa serta pelatihan kader KB. Kegiatan lainnya adalah menggelar posyandu,” sebutnya.

Menurut Nurjani, capaian yang telah diperoleh selama ini , termasuk kelengkapan admintrasi dan perlengkapan di balai penyuluh tersebut yang menjadi penilaian provinsi menjadi salah satu kriteria sehingga Balai Penyuluh Kota Juang menjadi juara.

“Kita tidak tahu apa alasan penetapan balai kita ini menjadi juara. Saya bersyukur mendapatkan juara 1 tingkat Provinsi Aceh,” katanya.

Nurjani mengungkapkan, di Balai penyuluh KB Kota Juang, ada tujuh orang penyuluh yang semua perempuan, mereka yang memberikan penyuluhan ke lapangan.

Sebelumnya, sebut Nurjani, pada tahun 2014 lalu, saat memimpin UPTD Jeumpa, meraih juara 1 tingkat Kabupaten. (Ihkwati) 

BAGIKAN