KABAR BIREUEN – Sebanyak 50 operator Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) dari sejumlah SKPK dan kecamatan mengikuti pelatihan digelar Dinas Kominfo dan Persandian Bireuen, di Aula Kantor Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Bireuen, Selasa (05/03/2019).

Kadis Kominfo dan Persandian Kabupaten Bireuen, M Zubair, SH MH pada pembukaan kegiatan itu mengatakan pelatihan itu bertujuan supaya operator PPID di SKPK dalam Kabupaten Bireuen dapat meningkatkan pengelolaan dan pelayanan informasi publik secara terbuka.

“PPID memiliki peran penting dalam mewujudkan komunikasi dan mediasi utama antara suatu lembaga pemerintah dengan publik khususnya media, sehingga suatu informasi yang bersifat bukan yang dikecualikan dapat diberikan atau tersedia,” katanya.

Lanjut Zubair, informasi dan dokumentasi di SKPK dapat disediakan di website setiap SKPK. Website tersebut terintegrasi dengan website di Kominfo Bireuen sehingga diharapkan harus dapat dikelola dengan baik, transparan dan lugas.

“Operator diharapkan berstatus PNS sebab yang dikelola ini informasi dan dokumen negara serta bertanggung jawab untuk menjaganya maupun yang dipublikasikan sehingga bisa diakses masyarakat,” tukas Zubair pada pelatihan dengan narasumber Hamdan Nurdin dari KIA.

Lebih jauh Zubair menyebutkan terkait informasi yang dikecualikan dan harus ditetapkan dengan peraturan bupati, baru empat dinas yang sudah mengirim dan telah diuji konsekuensi. Bagi dinas yang belum agar segera dikirim guna mencegah gugatan.

“Selain itu menurut pendataan yang kami lakukan, masih ada SKPK di Bireuen belum punya website, sebenarnya semua harus ada agar dapat terkoneksi dengan website Kominfo, sehingga informasi tersedia dengan sempurna,” kata Zubair. (Desta Fauziana)

BAGIKAN