KABAR BIREUEN – Tak seperti biasanya pada pemilu lalu, kali ini Tempat Pemungutan Suara (TPS) dihias layaknya tenda tamu untuk pesta perkawinan. Uniknya anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) memakai pakaian adat.

Salah satunya di TPS 01 Desa Rheum Timu, Kecamatan Simpang Mamplam, Bireuen. TPS di desa itu diberi hiasan sehingga menarik perhatian pemilih sebab terlihat cantik dan membuat petugas selain KPPS dan saksi lebih betah.

Ketua PPK Kecamatan Simpang Mamplam Rona Riani mengatakan adanya TPS dengan tampilan unik dan menarik itu atas arahan dari PPK supaya PPS se Kecamatan Simpang Mamplam membuat TPS tampil beda dan semenarik mungkin.

“Selain keunikan, TPS yang dihias bisa menarik warga yang enggan memilih untuk datang ke TPS dan memberikan hak suaranya, hampir semua TPS di desa di Simpang Mamplam tampil dengan keunikan masing-masing,” ucap Rona Riani.

Rona Riani mengatakan secara umum pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara di Simpang Mamplam berlangsung lancar dan aman. Tidak ada kendala berarti pada pemungutan suara, sedangkan penghitungan suara hingga pukul 17.30 WIB masih berlangsung.

Anggota Sekretariat PPK Simpang Mamplam Linda Yani mengatakan untuk memantik semangat PPS membuat TPS yang menarik. PPK Simpang Mamplam melombakan TPS se Simpang Mamplam. TPS dengan ide dan tampilan terbaik akan meraih juara, meski dalam jumlah kecil.

Kata Linda, selain memakai baju adat, petugas KPPS di Desa Blang Panyang TPS 02 memakai pakaian melayu. Sementara di Desa Krueng Meuseugob TPS dihias dengan daun. Banyak lagi TPS dengan tampilan unik di kecamatan bagian barat Bireuen itu. (Desta Fauziana)

BAGIKAN