KABAR BIREUEN –  Anggota Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-105 Kodim 0111/Bireuen menggelar Upacara Bendera di Lapangan Kotis Satgas TMMD Reguler Ke 105 Kodim 0111/Bireuen, di Desa Blang Perlak, Kecamatan Makmur, Kabupaten Bireuen, Rabu (17/7/2019).

Upacara itu untuk menciptakan kedisiplinan dan patriotisme serta menghargai jasa para pahlawan kepada masyarakat dan generasi muda.

Hadir dalam pelaksanaan upacara 17 san Satgas TMMD Reguler Ke 105 Kodim 0111/Bireuen ini antara lain PNS Kecamatan Makmur, Polsek Makmur, Mahasiswa KKN Unsyiah, PAUD Tgk. Petua Ali dan warga masyarakat yang berada di Desa Blang Perlak.

Upacara Bendera merupakan wujud cerminan dari nilai-nilai budaya bangsa untuk menghargai jasa para pahlawan serta menumbuhkan rasa nasionalisme. Dan telah menjadi ciri khas dari Bangsa Indonesia serta membedakan Bangsa Indonesia dengan bangsa lainnya.

Wadan Satgas TMMD ke 105 Mayor Arm Ranna Hidfitriyadi, S.Sos mengatakan, upacara bendera ini bukan hanya dilakukan saat adanya TMMD saja, melainkan rutinitas yang dilaksanakan setiap tanggal 17 tiap bulannya mau pun hari besar lainnya.

“Selain itu melalui sasaran non fisik program TMMD seperti Upacara Bendera ini, dapat menumbuhkan rasa nasionalisme dan patriotisme serta etika moral dalam era globalisasi bagi generasi muda dan khususnya warga Blang Perlak,” katanya.

Upacara 17 san tersebut juga disaksikan dengan antusias oleh masyarakat. Puluhan warga  datang bukan hanya sekedar untuk mengantarkan anak mereka yang bersekolah di TK. Tgk. Peutua Ali, melainkan ingin melihat secara langsung upacara pengibaran bendera yang berlangsung di lapangan Meunasah Desa Blang Peurlak.

Mereka tampak antusias, meski tidak bisa duduk, warga rela berdiri dari seberang jalan menyaksikan jalannya upacara.

Salah satu warga M.Alfi mengatakan,  dia datang ke lapangan ini untuk menyaksikan jalannya upacara.

“Anak- anak saya juga kepengen sekali melihat bapak bapak TNI yang sedang upacara. Setelah upacara anak saya kepengen sekali foto bersama Bapak tentara, ” ungkapnya. (REL)

BAGIKAN