KABAR BIREUEN – Murid kelas enam dari tujuh MIN di Kabupaten Bireuen mengikuti Ujian Akhir Madrasah Berstandar Daerah Berbasis Komputer (UAMBD-BK).

UAMBD-BK ini berlangsung selama tiga hari, mulai Jumat (26/4/2019) sampai Senin (29/4/2019), dengan lima mata pelajaran yang diujiankan, meliputi pelajaran Bahasa Arab, Sejarah Kebudayaan Islam, Quran Hadits, Fiqih dan Akidah Akhlak.

Kasie Pendidikan Madrasah kantor Kemenag Bireuen Azhary MPd  menyebutkan, ketujuh MIN tersebut adalah, MIN 3 Bireuen, MIN 8 Bireuen, MIN 20 Bireuen, MIN 12 Bireuen, MIN 27 Bireuen, MIN 50 Bireuen dan MIN 1 Bireuen.

“Seharusnya seluruh MI ikut UAMBD-BK, karena kekurangan sarana jadi kita laksanakan untuk tujuh MI saja dulu sebagai sampel, ketujuh MI ini bergabung dengan madrasah terdekat yang memiliki komputer banyak,” katanya pada Kabar Bireuen, Jumat (24/4/2019).

Untuk tahun depan, katanya, seluruh MI ditargetkan mengikuti UAMBD-BK.

“Target tahun depan harus seratus persen, bisa dengan komputer maupun dengan ponsel android,” sebutnya.

Untuk pelaksanaan UAMBD-BK tahun ini, murid dari tujuh MI tersebut mengikutinya di MTsN ataupun MAN yang terdekat dengan MI tersebut, seperti murid MIN 3 Bireuen mengikuti UMABD-BK di MTsN Model, MIN 8 Bireuen juga di MTsN Model, lalu MIN 20 Bireuen di MTsN 9 Bireuen, MIN 12 Bireuen di MAN Bireuen, MIN 27 Bireuen di MTsN 8 Bireuen, kemudian MIN 50 Bireuen di MTsN 5 Bireuen dan MIN 1 Bireuen di MTsN 2 Bireuen. (Najib Zakaria)

BAGIKAN