KABAR BIREUEN – Wakil Bupati Bireuen Dr H Muzakkar A Gani SH MSi meninjau Pasar Induk Bireuen di Desa Geulanggang Gampong, Kecamatan Kota Juang, Bireuen, Rabu (27/02/2019) pagi. Muzakkar melihat langsung kondisi terkini pasar tersebut.

Muzakkar didampingi Kepala Dinas Penanaman Modal, Perdagangan, Koperasi (DPMPK) dan UKM Kabupaten Bireuen Ir Alie Basyah MSi, Camat Kota Juang Drs Jalaluddin MSi, belasan personel Satpol Pamong Praja Bireuen serta sejumlah staf DPMPK dan UKM Kabupaten Bireuen.

Wabup berkeliling di komplek pasar sambil mendapat penjelasan dari pejabat dinas terkait. Muzakkar turut menerima keluhan dan masukan dari pedagang untuk menjadi bahan pertimbangan dan tindak lanjut Pemkab Bireuen.

Kadis PMPK dan UKM Bireuen, Alie Basyah mengatakan Wakil Bupati meninjau Pasar Induk sebagai evaluasi terhadap perkembangan relokasi pedagang dari Pasar Tradisional di Meunasah Capa, Kota Juang, Bireuen.

“Wakil bupati melihat langsung kondisi pasar termasuk penertiban kios liar yang sebagian sudah dibongkar. Wabup juga mendengar keluhan pedagang tentang kondisi terkini pasar yang terus diupayakan dibenahi,” ucap Alie Basyah.

Wabup Bireuen turut memeriksa sejumlah fasilitas di sana apakah sudah berfungsi dengan baik. Jika ada fasilitas yang sekiranya belum memadai, maka akan menjadi bahan masukan untuk diupayakan ditangani dan dilengkapi.

“Wakil bupati langsung menghubungi dan memerintahkan dinas terkait untuk segera menimbun area parkir depan bangunan pasar sayur dan mendatangkan alat berat, untuk meratakan area parkir dekat lapak pedagang pisang yang bergelombang dan becek ketika turun hujan,” terang Ali.

Menurut Ali, pedagang sayur menyampaikan keinginan supaya dinding bangunan pasar sayur dibongkar. Tujuannya, agar pedagang tidak kepanasan dan dapat terlihat oleh pembeli yang melintas.

“Pasar Induk akan ditertibkan dan dibenahi secara bertahap. Ada yang bisa ditangani langsung dan ada yang harus menunggu penganggaran. Intinya. Pasar Induk ini harus membuat pedagang betah dan pembeli nyaman,” jelas Alie Basyah. (Desta Fauziana)

BAGIKAN