KABAR BIREUEN-Untuk meningkatkan semangat pegiat literasi dalam menumbuh kembangkan minat baca di kalangan masyarakat, Balai Bahasa Provinsi Aceh gelar Diklat Pembinaan Komunitas Baca se-Kabupaten Bireuen.

Kegiatan yang dibuka Kadis Disdikpora Bireuen dalam hal ini diwakili Kabid Pembinaan SMP Zamzami S.Pd, berlangsung selama tiga hari sejak Selasa (19/03/2019), di Aula kantor Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Bireuen.

Pada kesempatan itu, Zamzami mengatakan, kegiatan ini sangat penting untuk bisa kita kembangkan melalui komunitas yang disebut komunitas baca.

Eksistensi komunitas baca yang semakin tumbuh di Kabupaten Bireuen tidak lepas dari keterlibatan berbagai pihak, khususnya kesadaran masyarakat atas pentingnya membaca buku.

Peran serta dari unsur Komunitas Literasi, Taman Bacaan Masyarakat serta relawan pegiat literasi lainnya, sangat kita harapkan untuk mencerdaskan kehidupan anak bangsa.

Diharapkan nantinya para peserta dapat meimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari baik dilingkungan masyarakat, sekolah, dan anak-anak

“Terima kasih kepada Balai Bahasa Provinsi Aceh atas kerja samanya, semoga kedepan kerja sama ini terus berlanjut,” ujar Zamzami.

Sebelumnya, Kepala Balai Bahasa Provinsi Aceh, Drs Muhammad Muis M.Hum mengatakan, pembinaan komunitas baca menjadi salah satu program Balai Bahasa untuk menguatkan gerakan literasi komunitas-komunitas baca di daerah.

Bireuen salah satu kabupaten/kota tempat digelarnya pembinaan komunitas baca.

“Kita berharap kegiatan ini, mampu menyemangati pegiat komunitas baca untuk terus bergerak, mengembangkan, menyampaikan kepada rekan-rekan di komunitas masing-masing untuk pembinaan selanjutnya,” sebutnya.

Kegiatan ini diikuti 50 peserta terdiri dari DKA Bireuen, Rangkang Sastra, Balai Baca, Karang Taruna, UKM Pers Almuslim, SDN 1 Bireuen, SIGMA, IDWB, PKMB serta SPNF SKB Bireuen. (Herman Suesilo)

BAGIKAN