KABAR BIREUEN– Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Bireuen menggelar pelatihan  guru mata pelajaran di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Cot Gapu, Bireuen, Kamis (14/9/2017).

Kegiatan itu bertemakan dengan pelatihan guru mata pelajaran terwujudnya guru yang profesional.

Kadisdikpora Bireuen, Drs Nasrul Yuliansyah M.Pd dalam pembukaan pelatihan guru tersebut mengatakan,  guru yang mengikuti kegiatan ini terpilih oleh sekolah masing-masing dipercayakan untuk mengikuti pelatihan.

Setelah itu pelatihan ini, diharapkan guru mata pelajaran nanti dapat mempraktekkannya dalam memberikan pelajaran kepada siswanya.

“Ekspektasi masyarakat sangat tinggi, menginginkan lulusan yang berkualitas dan nilai yang bagus. Tidak mungkin output bagus, bila prosesnya cilet-cilet, jadi prosesnya harus berkualitas juga, mari kita berbenah untuk meningkatkan kompetensi guru agar lebih bagus lagi,” ajak Nasrul.

Dikatakannya, Kabupaten Bireuen menduduki peringkat 22 dari 23 Kabupaten/kota, semakin tinggi nilai mata pelajaran yang diasuh, semakin tinggi naik peringkat. Karena itu harus ada perubahan, mendongkrat nilai itu ada di bapak ibu guru sejlaian, bukan di dinas.

Pelatihan, sebutnya, salah satu cara untuk meningkatkan profesional dan kompetensi guru mata pelajaran agar kualitas dan nilai mata pelajaran juga semakin bagus dan tinggi. Jadi begitu pentingnya sebuah proses.

“Jangan masuk kelas tanpa jadwal, jangan mengganggap anda tak punya peran, semua penting, kita bisa lakukan dari hal kecil untuk melakukan perubahan. Perubahan kecil di sekolah, laksanakan tugas sebaik-baiknya,” pungkansya.

Sebelumnya, Kabid Pembinaan SMP, Drs Teuku Syukri M.Pd, selaku panitia kegiatan, dalam laporannya menyebutkan, pelatihan guru mata pelajaran jenjang SMP itu dilaksanakan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam memberikan pelajaran bagi siswanya.

Pelatihan berlangsung mulai 14-30 September 2017, dengan lima mata pelajaran, yaitu IPS, IPA, Matematika, Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia.

“Hari ini, pelatihan mata pelajaran IPS, berlangsung selama tiga hari 14- 16 September 2017. dibagi dalam 3 kelas, masing-masing 40 orang guru yang diasuh 2 orang dengan total 6 orang narasumber,” rincinya.

Pelatihan guru mata pelajaran tersebut diikuti 600 orang guru, dengan masingt-masing Mapel sebanyak 120 orang dari semua sekolah negeri dan swasta di Bireuen yang berjumlah 81 sekolah.

Narasumber  dalam pelatihan itu sebanyak 30 dosen dari FKIP  Universitas Syiah Kuala Banda Aceh dan UIN  Ar Raniry Banda Aceh, dana dari APBK Otsus tahun 2017. (Ihkwati)

BAGIKAN