KABAR BIREUEN – Salah satu universitas ternama di Yaman, Universitas Al Ahgaff kembali wisuda tiga mahasiswa asal Aceh, Kamis (20/06/2019).

Acara yang bertempat di auditorium Fakultas Syariah dan Hukum itu turut dihadiri Wakil Rektor, Dr. Shadiq Maknun As Seggaf, Dekan Fakultas Syariah dan Hukum, Ustad Abdullah bin Smith, Anggota Fatwa kota Tarim, Syekh Muhammad Ali Alkhatib, segenap civitas universitas dan seluruh mahasiswa lintas negara.

Ketiga mahasiswa Aceh dimaksud adalah, Ricky Pranata (Pidie), Muhammad Iqbal Abu Bakar (Pidie) dan Muhammad Caesar Muarif (Aceh Utara).

Ketiga wisudawan tersebut merupakan alumus Dayah Salafiyah Ummul Ayman, Samalanga, Bireuen di bawah asuhan Tgk. H. Nuruzzari Yahya (Waled Nu Samalanga).

Selain dari Indonesia, para wisudawan angkatan 20 universitas al Ahgaff yang berjumlah 127 orang berasal dari lintas negara, seperti Yaman, Thailand, Somalia, Tanzania, Pakistan dan lain-lain.

Acara dimulai setelah salat Magrib waktu setempat dengan membaca maulid Nabi SAW, salat Isya berjamaah dan dilanjutkan dengan acara inti upacara kewisudaan.

Serangkaian acara meliputi pembukaan, pembacaan ayat suci Al-Qur’an, pembacaan Hadis Nabi SAW, dilanjutkan dengan sambutan-sambutan dan prosesi wisuda.

Dekan Fakultas Syariah dan Hukum, Ust. Al Habib Abdullah Awadh bin Smith dalam sambutannya mengajak seluruh wisudawan untuk mengaplikasikan ilmu yang telah dipelajari selama di kampus.

”Amalkan ilmu yang telah kalian pelajari,” pesannya.

Alumnus universitas di Baghdad, Irak itu juga menekankan kepada wisudawan untuk membawa panji rahmat kepada masyarakat.

Menurutnya, Islam adalah agama kasih-sayang, dan Rasulullah saw pun diutus untuk menyempurnakan akhlak dengan rahmat dan kasih-sayang kepada sesama.

Universitas Al Ahgaff merupakan salah satu universitas di Republik Yaman. Universitas yang termasuk salah satu dari anggota Liga Arab ini memiliki beberapa fakultas, diantaranya adalah Syariah dan Hukum. Dan Fakultas ini merupakan salah satu tujuan utama pelajar-pelajar Aceh dan Indonesia secara keseluruhan.

Acara berjalan lancar dan tertib hingga diakhiri dengan makan malam bersama tepatnya jam 11.30 waktu setempat.

Selamat buat para wisudawan, semoga ilmunya berkah untuk pribadi, Agama, masyarakat, dan negara! (Ansharuddin Sufyan Harun /Mahasiswa pascasarjana di Universitas Al Ahgaff asal Samalanga, Bireuen)

BAGIKAN