KABAR BIREUEN – Tiga Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Lhokseumawe mengikuti lomba Karnival Amal Islam (IPTIM) peringkat Asean di Kolej Pengajian Islam Johor (MARSAH), Johor Bahru, Malaysia, mulai Senin (12-15/11/2018).

Kepala Bagian (Kabag) Akademik dan Kemahasiswaan IAIN Lhokseumawe, Fauzan Ali, S.Ag kepada media menjelaskan, sesuai dengan surat dari panitia, terdapat dua jenis lomba yang dipertandingkan yaitu, Tilawah Alqur’an putra dan putri serta Khat putra dan putri.

“Ketiga peserta tersebut, Syeh Marzawi dari Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan, jurusan Bahasa Arab dan Munawir dari Fakultas Syariah jurusan Hukum Ekonomi Syariah. Mereka ini akan mengikuti lomba khat. Sedangkan untuk cabang tilawah diikuti Muhammad Suhaimi, mahasiswa Fakultas Dakwah jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI),” rinci Fauzan yang juga sebagai kordinator tim.

Menurut Fauzan, selama acara berlangsung peserta ditempatkan di asrama Kolej Pengajian Marsah, Jalan Gertak Merah, Johor Bahru. Mereka didampingi dua official, Ahmad Liza, M.Pd dan Sulaiman, MA.

Karnival Amal Islam tahun 2018 tingkat Asean ini juga mengundang 54 institut dan universitas Islam di Indonesia, termasuk dua dari Aceh yaitu IAIN Lhoksemawe dan IAIN Langsa.

“Namun, hanya IAIN Lhokseumawe yang ikut ambil bagian, sedangkan IAIN Langsa tidak ikut,” sebut Fauzan.

Selain itu, juga sejumlah instituti di berbagai negara lainnya ikut diundang panitia, seperti Thailand 2 institusi, Srilanka 1, Singapura 2 dan Filipina 1. (Faisal Ali)

BAGIKAN