KABAR BIREUEN – Setiap manusia tentu saja mengharapkan kebahagiaan terutama kebahagiaan yang hakiki, tidak hanya di dunia akan tetapi kebahagiaan yang abadi di alam akhirat kelak.

Demikian Tgk Nazliyansyah (foto) pimpinan Balai Pengajian Darussakdah Lipah Cut Kecamatan Jeumpa dalam menyampaikan ceramah Ramadhan dihadapan ratusan jamaah warga binaan di Musalla Rutan Bireuen Jum’at (10/5/2019) malam.

Dikatakan, kebahagiaan yang hakiki hanya dapat diraih apabila kita selalu taat kepada Allah SWT dan Rasulullah SAW. Balasan dari ketaatan tersebut adalah mendapatkan kehidupan yang penuh nikmat yaitu Syurga Allah SWT.

Hadist Rasullah SAW, ada empat golongan manusia yang dirindukan Syurga, pertama oarng yang rajin membaca Al Quran. Membaca Al Quran adalah salah satu amalan yang paling utama , karena Rasullah SAW pernah bersabda,” setiap huruf Al Quran yang kita baca membawa pahala tersendiri.

Selain itu Al Quran nanti akan datang sebagai saksi amal kita diyaumul Hisab. Selain membaca juga mempelajari isinya dan mengamalkannya merupakan hal yang harus dilakukan setiap pribadi muslim.

Kedua, orang yang menjaga lisannya. Lisan merupakan salah satu indera kita yang bisa mendatangkan kebaikan dan sekalgus keburukan. Dengan selalu menjaga, agar lisan kita hanya mengatakan hal-hal yang baik, digunakan untuk menbaca Al Quran untuk memulia-NYA,untuk berdoa kepada-NYA agar memberi manfaat.

Lisan merupakan salah satu indera kita yang bisa mendatangkan kebaikan dan sekaligus keburukan. Dengan selalu menjaga agar lisan kita hanya mengatakan hal-hal yang baik, digunakan untuk membaca Al Qur’an untuk memujiNya, untuk berdoa kepadaNya, untuk memberi nasehat yang bernanfaat kepada orang lain, Insya Allah kita akan termasuk kedalam golongan orang yang dirindukan oleh syurga.

Ketiga, orang yang memberi makan keoada orang lain yang kelaparan.
juga merupakan salah satu amalan yang utama, karena pertolongan Allah SWT akan datang kepada hamba yang member pertolongan kepada saudaranya yang membutuihkan pertolongan.

Keempat, orang yang berpuasa di bulan Ramadhan. Berpuasa di bulan Ramadhan adalah salah satu ibadah utama dan salah satu rukun Islam.

Berpuasa bukan hanya menahan tidak makan dan minum, juga menahan panca indera dari melakukan perbuatan yang dilarang Allah SWT.

Berpuasa juga menuntut kita untuk meninggalkan perkataan dan perbuatan yang sia-sia. Insya Alllah jika kita berpuasa pada bulan Ramadhan sebagaimana yang dicontohkan oleh Rasulllah SAW, maka derajat “Taqwa” akan kita perolah dengan balasannya Syurga Allah SWT.

Inilah empat golongan manusia yang dirindukan Syurga-Allah SWT, mari berlomba-lomba untuk meraihnya agar menjadi orang-orang yang selalu dirindukan syurga.

“Karena kehidupan dan kebahagiaan yang sejati adalah di alam akhirat kelak bukan di dunia sementara ini,” harap Tgk Nazliyansyah. (H.AR Djuli).

 

BAGIKAN