Tgk Jamaluddin Idris sedang menyampaikan ceramah usai salat subuh pertama Ramadhan di Masjid Agung Sultan Juempa Kamis (17/5/2018) subuh.

KABAR BIREUEN- Ramadhan merupakan bulan penghapus, penebus atau pembakaran dosa. Selagi pintu taubat masih terbuka lebar, bulan Ramadhan dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk memperbanyak ibadah kepada Allah, mengerjakan salat wajib dan sunat, tadarus Al Quran, zikir, bersedekah dan membaca istigfar bertaubat atas segala dosa.

Demikian Imum Chiek Masjid Agung Sultan Jeumpa Tgk H Jamaluddin Idris dalam menyampaikan ceramah singkat usai salat subuh Ramadhan pertama dihadapan jamaah salat subuh di Masjid Agung Sultan Jeumpa, Kamis (17/5/2018).

Dikatakan, bulan Ramadhan disebut bulan suci, penuh rahmat, bulan ampunan dan penuh berkah dijuluki sebagai “Penghulu” segala bulan. Perintah berpuasa, bagi orang Islam yang beriman sesuai firman Allah, yang artinya “Wahai Orang-orang yang beriman diwajibkan kepada kamu berpuasa sebagaimana yang telah diwajibkan kepada orang sebelum kamu agar kamu bertawa (QS:183).

Dalam hadist yang lain bahwa bulan Ranmadhan merupakan bulan pembakar dosa-dosa. “ Barang siapa berpuasa di bulan Ramadhan karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu dan yang akan datang. Dan barang siapa yang bertemu bulan Ramadhan, sedangkan ia belum mengerjakan puasa, maka tidak akan diterima dari padanya hingga puasa (HR Ahmad).

Tiada seorang berpuasa satu hari saja karena Allah, melainkan Allah akan menjauhkan wajahnya dari api neraka jarak 70 tahun (HR Bukhari Muslim).

Sebagai pemeluk agama Islam, agama yang diradhai Allah dan dibawa oleh Rasulullah SAW hendaklah kita sambut kedatangan bulan Ramadhan baik laki-laki dan perempua, kaya atau miskin, berpangkat atau tidak dengan penuh kegembiraan.

Rasulullah SAW bersabda, keutamaan menyambut bulan Ramadhan dengan penuh kegembiraan,  Barang siapa merasa senang dengan datangnya bulan Ramadhan maka Allah mengharamkan tubuhnya masuk neraka.

“Telah datang kepada kamu bulan Ramadhan penghulu segala bulan maka ucapkanlah “ Marhaban Ya Ramadhan bulan yang membawa segala macam keberkahan dan begitu mulianya kedatangan tamu agung Ramadhan,” sebut Tgk H Jamaluddin. (H.AR Djuli).

BAGIKAN