SALAHUDDIN ALIAS TOKE DIN

KABAR BIREUEN – Salahuddin alias Toke Din terpilih sebagai Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Partai Nanggroe Aceh (DPW PNA) Kabupaten Bireuen periode 2018-2023.

Pengusaha muda itu, terpilih secara aklamasi dalam Konferensi Wilayah II PNA Kabupaten Bireuen di Aula Ampon Chiek Peusangan, Universitas Almuslim Peusangan, Matangglumpangdua, Bireuen, Minggu (18/3/2018) sore.

Terpilihnya Toke Din secara aklamasi, karena tidak ada calon lain yang memenuhi syarat sesuai ketentuan yang berlaku. Para peserta konferensi juga sebagian besar sepakat, kali ini PNA Bireuen dinakhodai pria asal Gampong Ulee Ceue, Kecamatan Jangka itu.

Sebelumnya, memang sempat muncul dua nama yang akan meramaikan bursa calon Ketua DPW PNA Bireuen ini. Mereka terdiri dari Saifuddin Hasan alias Toke Din Peudada dan Saiful alias Sibruek.

Namun, langkah mereka untuk maju terkendala, karena tidak memenuhi persyaratan. Terutama, syarat dukungan dari pihak kecamatan. Mereka masing-masing didukung satu kecamatan.

“Sedangkan sesuai aturan yang telah disepakati, untuk bisa mencalonkan diri, masing-masing minimal harus mendapatkan dukungan dari lima kecamatan. Kalau sudah memenuhi persyaratan tersebut, siapa saja yang berminat silakan maju,” jelas Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPW PNA Bireuen, Drs. Muhammad Arif.

Sementara Toke Din, memenuhi semua persyaratan dan mendapat dukungan penuh dari sebagian besar pihak kecamatan. Dengan begitu, dia harus maju sendirian dan tanpa saingan. Tak ada cara lain, pemilihan harus dilakukan secara aklamasi.

Menurut sejumlah sumber dari kalangan partai lokal tersebut, Toke Dini memang dikenal sebagai salah satu sosok yang sangat berjasa dalam membesarkan PNA Bireuen. Apalagi, selama ini dia menjabat sebagai Bendahara DPW PNA Bireuen. Karenanya, para kader PNA setempat umumnya sangat bersimpati dan sepakat memberikan amanah pada Toke Din sebagai pimpinan mereka. (Suryadi)

BAGIKAN