Pelaku bersama barang bukti.

KABAR BIREUEN – Diduga mencuri uang dalam kotal amal Masjid Besar Juli, Kabupaten Bireuen, seorang pria berinisial FS (30), ditangkap warga, Rabu (19/12/2018).

Pelaku mudah dikenali, karena saat beraksi pada Kamis (6/12/2018) lalu, terekam kamera Closed Circuit Television (CCTV) yang dipasang di masjid tersebut.

Bersama pelaku, turut diamankan sejumlah barang bukti. Terdiri dari satu potongan besi yang ujungnya tajam dan gagang berbentuk palu, satu unit kunci ring ukuran 16 dan 17 serta satu unit sepeda motor merk Honda Supra BL 5268 ZL.

Kapolres Bireuen, AKBP Gugun Hardi Gunawan, S.IK., M.Si melalui Kasat Reskrim, Iptu Eko Rendi Oktama, SH, dalam keterangannya kepada wartawan, menjelaskan, awalnya pelaku ditangkap warga di kawasan pasar Bireuen sekira pukul 12.00 WIB.

Kemudian, FS dibawa ke Masjid Besar Juli yang terletak di Gampong Juli Meunasah Tambo, Kecamatan Juli. Tujuannya, untuk mencocokkan ciri-ciri pelaku dengan orang yang terekam di CCTV. Setelah diamati, ternyata benar itu pelakunya. Dia pun mengakuinya, setelah warga ramai mendatangi masjid tersebut.

“Kepala Desa menghubungi Kanit Reskrim Polsek Juli, guna memberitahukan hal tersebut. Kanit Reskrim beserta anggota Polsek Juli menuju ke masjid tersebut untuk mengamankan pelaku dari amukan masa yang sudah emosi. Selanjutnya, pelaku beserta barang bukti dibawa dan diamankan ke Mapolsek Juli, guna pengusutan lebih lanjut,” sebut Eko Rendi.

Menurut Eko, pencurian uang dalam kotak amal masjid tersebut terjadi pada Kamis (6/12/2018) sekira pukul 20.30 WIB dan Kamis (13/12/2018) pukul 15.00 WIB.

Ketika itu, warga salah satu desa dalam Kecamatan Jeumpa itu, mendatangi masjid pada saat sedang hujan. Dia masuk ke dalam masjid dan memantau situasi di sekitarnya.

Setelah merasa aman, pelaku langsung mencongkel kotak amal masjid dengan menggunakan potongan besi yang bagian ujungnya tajam dan gagang berbentuk palu. Lalu, dia mengambil uang dalam kotak amal tersebut. Total uang yang berhasil dikuras dari dua kali beraksi, sejumlah Rp7 juta.

“Aksi tersebut terekam CCTV masjid, sehingga warga mencari ciri-ciri orang dan sepeda motor pelaku yang digunakan saat itu. Kemudian, pelaku berhasil ditangkap di kawasan pasar Bireuen tadi sekira pukul 12.00 WIB,” terang Eko Rendi Oktama. (Suryadi)

 

 

BAGIKAN