Camat Makmur Azmi S.Ag

KABAR BIREUEN – Sebanyak tiga jabatan keuchik dalam wilayah Kecamatan Makmur, Kabupaten Bireuen akan segera berakhir pada medio bulan September 2019.

Menurut keterangan Kepala Seksi Pemerintahan (Kasipem) kantor camat Makmur, Salamah, S.Sos kepada media, Kamis ( 20/6/2019) mengatakan, tiga desa yang dimaksud adalah, Leubu Mesjid berakhir 11 September 2019, Blang Dalam 19 September 2019 dan Panteu Breuh 1 Oktober 2019.

Menindak lanjuti hal itu, kepada setiap desa harus segera membentuk Panitia Pemilihan Keuchik (P2K).

“Lembaga Tuha Peut di setiap desa harus cepat bergerak menyahuti hal ini, minimal 3 bulan sebelum masa berakhir jabatan keuchik sudah harus terbentuk P2K,” ungkap Salamah.

Lebih lanjut, Salamah menjelaskan, sudah berkordinasi dengan Ketua Tuha Peut Leubu Mesjid yang lebih dulu akan melaksanakan Pilkades, dia berharap jangan sampai ada Penjabat sementara.

“Kami tegaskan, jangan sampai lahirnya penjabat sementara, karena proses pemilihan masih panjang,” tegas Kasipem.

Untuk itu, kepada Kepada Tuha Peut yang bertanggung jawab dan semua elemen pemerintahan gampong, terutama keuchik lebih proaktif menyikapi hal ini dan fungsikan tupoksi masing – masing aparatur dalam menjalani roda pemerintahan.

“Tupoksi aparatur harus difungsikan, terutama menyangkut administrasi desa harus berjalan normal,” ujar Salamah.

Camat Makmur, Azmi, S Ag mengharapkan, kepada desa yang masa jabatan keuchik akan berakhir secepatnya membuat laporan pertanggung jawaban sesuai isi Qanun Aceh nomor 4 tahun 2009 tentang pemilihan keuchik.

“Kami berharap setiap desa mengindahkan hal ini, supaya proses yang dilalui berjalan tepat waktu,” sebutnya. (Faisal Ali)

BAGIKAN