KABAR BIREUEN- Tim Monitoring Serapan Gabah Staf Teritorial Angkatan Darat (Sergab – Sterad) yang dipimpin oleh Kolonel Inf Ate Ajat M mengunjungi Posko Serapan Gabah Petani (Sergab) Kodim 0103/Aceh Utara di Kantor Badan Urusan Logistik (Bulog) Lhokseumawe di Jalan Mayjend T. Bendahara, Desa Keude Aceh Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe, Kamis (11/5/2017).

Dalam kunjungan tersebut, Kolonel Inf Ate Ajat mengajak Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Utara, Bulog Lhokseumawe dan TNI selaku pendamping Upsus untuk bersinergi mensukseskan Program Sergab tersebut.

” Dinas Pertanian, Bulog dan TNI harus bersinergi untuk mensukseskan program Sergab ini agar hasilnya sesuai yang ditargetkan oleh Pemerintah dan Aceh merupakan salah satu daerah yang paling rendah daya sergap nya”, jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan, tujuan Sergab adalah untuk membantu pemerintah dalam menjaga ketahanan pangan yang manfaatnya akan dikembalikan kepada rakyat lagi.

Seperti bantuan Raskin untuk masyarakat kurang mampu, bantuan bencana alam dan cadangan pangan Republik Indonesia yang dikoordinir oleh Bulog.

“Saya memahami kendala yang dihadapi dilapangan yaitu masalah selisih harga beli gabah petani yang dikeluarkan Bulog dengan para tengkulak, sehingga para petani enggan menjualnya ke Tim Sergap,” katanya.

Kepada seluruh Intansi yang terlibat dalam Program Sergab, Kolonel Inf Ate Ajat M menghimbau agar bersama -sama berusaha dengan keras untuk memberikan pemahaman kepada para petani bahwa program Sergab ini manfaat akan dikembalikan ke masyarakat juga.

Tetapi, katanya, kalau gabah petani di jual kepada tengkulak maka hasil keuntungan penjualan gabah tersebut hanya dirasakan oleh tengkulak tersebut

“Mari sama-sama kita sukseskan program ini semoga dengan adanya program Sergab ini dapat membawa kebaikan bagi kita semua”, harapnya. (REL)

BAGIKAN