KABAR BIREUEN-SOLOPEDULI bersama mitra memberikan santunan kepada 2500 penyitas korban tsunami Selat Sunda di Masjid Assalafi Caringin Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, Provensi Banten, Rabu (9/1/2019).

Bantuan berupa uang santunan dan sembako makanan diberikan dalam rangkaian acara Banten Berdzikir yang dilanjutkan dengan menghadirkan 5 penyitas yang rumahnya hancur untuk maju ke depan dan menerima bantuan secara simbolis.

Selain pembagian sembako dan trauma healing, acara ini juga bertujuan sebagai renungan dan refleksi bersama tentang hikmah dari musibah tsunami yang terjadi.

Para peserta adalah para penyitas korban tsunami Selat Sunda yang kebanyakan berasal dari daerah Caringin, Labuan Caringin dan Carita Pandeglang Banten.

Salah satu mitra SOLOPEDULI sekaligus panitia acara, Raisa menyampaikan untuk beberapa waktu ke depan bantuan akan diprioritaskan untuk proses recoveri paska bencana berupa pembangunan huntara (hunian sementara), bantuan perahu untuk nelayan dan pemberian modal usaha untuk pemberdayaan ekonomi para korban.

“Hingga saat ini perekonomian mereka terputus dan belum bisa memulai usaha kembali,” terang Raisa.

Direktur Fundraising SOLOPEDULI, Sutarno menyampaikan pada acara _Banten Berdzikir_ SOLOPEDULI bekerjasama dengan mitra yang sama-sama bergerak untuk membantu para korban tsunami.

“Untuk memperbaiki kondisi psikis dan ekonomi paska bencana tentu bukanlah pekerjaan ringan, dibutuhkan banyak pihak untuk bergerak bersama membangun wilayah paska bencana, untuk itulah kami bekerjasama dengan mitra-mitra yang mempunyai visi kemanusiaan,” sebutnya.

SOLOPEDULI telah menyiapkan 5 truk kemanusiaan untuk pengiriman bantuan bagi para penyintas di Pandeglang. Truk kemanusiaan beserta isinya berupa barang-barang kebutuhan logistik ini akan kami kirimkan pada (18/1/2019).

Selain truk kami juga akan mengirimkan tim medis dan relawan tambahan untuk pendampingan psikis mereka dan bantuan infrastuktur, serta bantuan modal usaha.

“Recoveri paska bencana sudah kami siapkan, beberapa bantuan baik berupa dana maupun bantuan barang sudah ada yang sampai kantor. Silahkan bagi masyarakat yang ingin berpartisipasi untuk membantu saudara-saudara kita di Banten bisa menghubungi SOLOPEDULI di seluruh area Soloraya, Semarang, Jogjakarta, Bekasi, Aceh dan di beberapa kota di Indonesia. Bisa juga dengan menghubungi call center kami,” jelas Sutarno. (REL).

 

BAGIKAN