KABAR BIREUEN-SOLOPEDULI meresmikan Sekolah Dasar (SD) semi permanen bagi para korban gempa dan tsunami di Sigi, Sulawesi Tengah, Kamis (20/12/2018).

Sekolah yang dibangun tersebut adalah sekolah SDIT (Sekolah Dasar Islam Terpadu) Insan Gemilang yang beralamat di Desa Lolu, Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah.

Pembangunan sekolah dimulai sejak 20 November 2018 dan selesai serta diresmikan pada 20 Desember 2018.

Bangunan sekolah berupa kelas berbentuk panggung dengan menggunakan papan-papan kayu dengan tujuan agar bangunan tahan gempa, aman dan nyaman untuk proses belajar mengajar.

Peresmian Sekolah dilakukan oleh Direktur Siaga Bencana SOLOPEDULI, Tugiman dan perwakilan kepala sekolah SDIT Insan Gemilang,  Ismail.

SDIT Insan Gemilang mempunyai siswa sejumlah 53 anak dan jumlah guru 10 orang. Sekolah ini memberikan beasiswa bagi anak-anak yang berasal dari keluarga duafa. Sekolah ini telah menorehkan prestasi pada olimpiade sains kuark 2 tahun berturut-turut dan masuk semi final untuk regional Sulawesi Tengah.

Sekolah ini juga selalu tampil pada upacara HUT RI di kantor Bupati Sigi untuk tahfizh sebelum upacara dimulai. Tenaga pengajar sekolah ini berasal dari warga sekitar. Sekolah ini juga digunakan untuk belajar baca tulis Al Quran baik untuk para pelajar maupun untuk orangtua murid.

Wakil Kepala sekolah SDIT Insan Gemilang,  Ismail menyampaikan paska bencana gempa dan tsunami siswa-siswi hanya bisa belajar di lapangan terbuka, proses belajar mengajar menjadi kurang kondusif dan kurang efektif.

Pihaknya berharap dengan adanya sekolah semi permanen, anak-anak tidak perlu was-was dan tetap tenang saat ada gempa dan anak-anak tetap bisa belajar ditempat yang layak, sehat dan terlindungi dari terik. matahari secara langsung maupun angin dan debu.

Dia mengucapkan terima kasih kepada SOLOPEDULI atas bantuannya kepada SDIT Insan Gemilang, SD ini merupakan salah satu sekolah yang terkena dampak gempa di Provensi Sulawesi Tengah.

Alhamdalillah, katanya, berkat bantuan dari SOLOPEDULI dan para donatur telah berdiri 5 lokal yang difungsikan untuk sekolah semi permanen. Masih akan dibangun 2 lokal lagi.

“Sekali lagi kami mengucapkan terima kasih banyak. Hanya Allah yang mampu memberikan balasan yg terbaik untuk SOLOPEDULI. Mudah-mudahan dengan bantuan dan doa dari donatur SDIT Insan gemilang akan menghasilkan para pemuda yang akan bermanfaat untuk bangsa dan ummat,” terang Ismail.

SOLOPEDULI merupakan lembaga amil zakat skala Provinsi yang bergerak dalam bidang penghimpuan dan penyaluran dana zakat, infak, sedekah dan dana-dana sosial lainnya untuk disalurkan kepada kaum duafa, yatim dan yang membutuhkan.

SOLOPEDULI berkantor pusat di Lempongsari Timur 2 No 46A Rt 04 Rw 06 Lempongsari Gajahmungkur Semarang. Kantor area SOLOPEDULI di Jawa Tengah dan mitra jejaring di Yogyakarta, Jawa Barat, Lombok Utara dan di Aceh.

Direktur Umum SOLOPEDULI, Harjito merasa sangat bersyukur karena pembangunan sekolah semi permanen dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

“Alhamdulillah pembangunan sekolah semi permanen ini dapat selesai dalam waktu  satu bulan persis. Tentu kami mengucapkan terimakasih kepada para donatur dan pihak-pihak yang telah membantu terealisasinya pembangunan sekolah ini. Dalam agenda 10 hari ini di Palu, Sigi dan Donggala ini kami juga meresmikan pembangunan hunian sementara (Huntara) di Desa Bangga dan di Desa Poi, Kecamatan Dolo Selatan, Sigi, Sulawesi Tengah,” ucapnya.

Saat ini yang akan menjadi kosentrasi pihaknya  adalah penumbuhan ekonomi melalui bantuan modal usaha dan pendampingan kepada para korban, bantuan modal ini akan disesuaikan dengan kemampuan dan passion mereka. (REL)

BAGIKAN