SMPN 1 Bireuen Laksanakan Ujian Tengah Semester Genap Berbasis UNBK

KABAR BIREUEN– Dalam rangka meningkatkan kualitas ujian, SMPN 1 Bireuen, melaksanakan ujian penilaian tengah semester genap, dengan sistem berbasis komputer (UBK).

Pelaksanaan ujian penilaian tengah semester genap berbasis UBK itu, diikuti sebanyak 867 orang pelajar dari tingkat kelas VII,VIII dan IX, dimulai, 20/2-3/3-2018, di sekolah setempat.

Kepala SMPN 1 Bireuen, Ibrahim Harun,S,Pd,M.Sm, Selasa (27/2/2018), di sela-sela saat memantau kegiatan, kepada Kabar Bireuen mengatakan, pelaksanaan ujian berbasis UBK tersebut, sudah kita coba sebelumnya pada ujian penilaian tengah semester ganjil, beberapa waktu lalu.

“Alhamdulillah pelaksanaannya sukses, Insya Allah, sistem UBK ini akan berlanjut pada ujian kenaikan kelas nanti, tidak lagi mengunakan sistem manual ,” kata Ibrahim Harun.

Selama pelaksanaan ujian ini, perangkat komputer disediakan pihak sekolah, peserta dibagi tiga sesi, setiap sesi diisi 90 orang.

“Soal-soal setiap mata pelajaran yang diujiankan, kita sesuaikan dengan kurikulum 2013,” ujar Ibrahim Harun.

Dijelaskan, penerapan ujian sekolah berbasis komputer ini merupakan komitmen sekolah, dengan tujuan, untuk melatih dan meningkatkan kemampuan pelajar menguasai komputer, disaat menghadapi ujian semester, ujian kenaikan kelas dan UN.

Selain itu, UBK ini diterapkan, sebagai salah satu usaha sekolah dalam meningkatkan efisiensi, sportifitas ujian, kualitas ujian, baik dari sisi waktu, tenaga dan biaya.

Sementara itu, usai mengikuti ujian, Diva, pelajar di sekolah itu, mengatakan, ujian mengunakan komputer ini, secara pribadi menambahkan motifasinya dan daya saing, untuk memperoleh hasil nilai yang baik.

“Ujian dengan sistem komputer ini, kita bisa menglihat langsung, nilai yang kita peroleh, bila dibandingkan dengan cara manual yang tidak mengetahui sama sekali berapa hasil nilai ujian yang di peroleh,” kata pelajar kelas VIII ini. (Herman Suesilo).

BAGIKAN