Siswa SD dan SMP di Bireuen Ikuti Diklat PMR di Universitas Terbuka. (Herman Suesilo/Kabar Bireuen)

KABAR BIREUEN-Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga (Disdikpora) Bireuen, melalui Bidang Pemuda dan Olahraga, mengelar Pelatihan Palang Merah Remaja (PMR) untuk siswa tingkat SD dan SMP se- Kabupaten Bireuen.

Kegiatan dengan tema ” Palang Merah Remaja Bireuen Aktif, Kreatif, Inovatif dan Berdidikasi Untuk Siswa dan Masyarakat” dibuka oleh Kasi Sarana dan Prasara SMP Disdikpora Bireuen, Zamzami S.Pd, yang mewakili Kadisdikpora Bireuen, Selasa, (3/10/2017) pagi, di Universitas Terbuka Pokjar Bireuen.

Dalam inti arahannya, Zamzami menjelaskan, Palang Merah Remaja (PMR) bahagian dari Palang Merah Indonesia (PMI) salah satu wadah kegiatan remaja di sekolah atau lembaga pendidikan normal dalam kepalangmerahan melalui program kegiatan ekstra kurikuler.

Selain itu, Palang Merah Remaja bertujuan membangun dan mengembangkan karakter Kepalangmerahan agar nantinya siap menjadi relawan pada masa depan, dalam susasan apapun, ujar Zamzami.

Melalui kegiatan ini Zamzami mengharapkan, dapat terbentuk karakter disiplin, bertanggung jawab kemandirian dan keberanian serta kemanusiaan terhadap siswa.

Peserta diharapkan, agar mengikuti kegiatan ini sebaik mungkin, serta dapat menerapkan hasil latihan ini dikehidupan sehari-hari baik di lingkungan sekolah ataupun dilingkungan rumah masing-masing.

“Serta dapat mengimplementasikan kepada teman-yang lain,” pungkas Kasi Sarana dan Prasara SMP Disdikpora Bireuen ini.

Sebelumnya panitia pelaksana Almuttaqin M.Pd melaporankan, Kegiatan ini berlangsung selama empat hari, mulai (3-6/10/2017), di Universitas Terbuka Pokjar Bireuen.

Peserta terdiri dari siswa tingkat SD dan SMP se-Kabupaten Bireuen, berjumlah 50 orang peserta yaitu, 20 siswa tingkat SD dan 30 siswa SMP.

“Selama mengikuti diklat PMR ini mereka akan di bimbing oleh  fasilitator dan instruktur dari PMI Bireuen bidang kesukarewanan, yaitu Reza Novianda Bireuen (fasilitator Nasional) dan Zulkarnaeni,” jelas Kabid Bidang Pemuda dan Olahraga Disdikpora Bireuen ini.

Anak-anak kita harapkan mendapatkan banyak ilmu dari pelatihan palang merah remaja  ini,  yang sangat berguna dan nantinya dapat di terapkan di lingkungan sekolah dan masyarakat.

Selain itu, menjadi siswa yang teladan, pelopor dalam kegiatan kepalangmerahan dalam penanggulangan bencana yang akan ditanamkan dalam kegiatan pelatihan ini,

“Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Bireuen, lebih bertambah bergairah lagi untuk membangkitkan dan meningkatkan kegiatan PMR di sekolah masing-masing,” harap Almuttaqin. (Herman Suesilo )

 

BAGIKAN