KABAR BIREUEN – Silaturahmi Nasional Pemuda (Silatnas) KNPI se-Indonesia resmi dibuka Minggu (2/12/2018) malam di Alun-alun Gumiati, Bogor Jawa Barat. Pertemuan yang dihadiri ratusan peserta dari kota/kabupaten seluruh provinsi ini pun berhasil mencetak sejarah pasca berdirinya KNPI 23 Juli 1973 silam.

Kegiatan tersebut berlangsung selama 3 hari, 2-4 Desember 2018.

Tuan rumah Silatnas yang juga Ketua KNPI Kabupaten Bogor, M. Burhani, mengucapkan selamat datang kepada para pemimpin, para Ketua DPD KNPI Kota Kabupaten se-Indonesia di Bogor Jawa Barat.

“Acara silaturahmi ini pertama kali digagas sejak berdiri KNPI. Saya berharap silaturahmi ini tidak hanya berhenti di Bogor, tapi juga berlanjut ke daerah lainnya,” ucap Kang Burhan, sapaan akrabnya.

Ia menambahkan, pertemuan Nasional ini juga tidak hanya sekadar silaturahmi saja tapi masing-masing daerah bisa membangun kerjasama dalam pembangunan di semua lini, khususnya bidang kepemudaan.

Ketua Panitia SC Selvi Febriana mengungkapkan, silatnas KNPI ini berawal dari obrolan beberapa Ketua KNPI Kota/Kabupaten yang kemudian bersepakat untuk menggelar silaturahmi nasional.

“Kita persiapan hanya tiga bulan. Banyak sekali rintangan, bagaimana bisa mengumpulkan seluruh para Ketua KNP dari kota/kabupaten. Banyak juga pandangan negatif, tapi semua terjawab bahwa darah kami merah putih masih ada,” tegasnya.

“Ini bukti kita masih satu bersaudara dan masih Indonesia. Kepada DPP KNPI kami hanya ingin kumpul, kami pemuda Indonesia. Jauh dari hari ini, saya bermimpi saat saya menjabat ketua KNPI, ingin ketemu saudara saya yang tinggal di daerah yang sama. Cari makan yang sama, udara yang sama, lahir dari tanah yang sama yakni Indonesia,” tambah wanita yang juga Ketua KNPI Mamuju ini.

Kegiatan tersebut berhasil mencetak sejarah pasca berdirinya KNPI 23 Juli 1973. Silatnas mempertemukan para pemuda seluruh kabupaten/kota yang ada di indonesia. Terlihat masih kompak dan solid sebagaimana dilontarkan Ketua KNPI Lamsel Firmansyah, SIP, di sela-sela acara

Sementara itu Asnawi My TSA, S. Sos, Ketua DPD KNPI Kabupaten Bireuen yang juga selaku sekretaris SC, mengatakan, dengan kegiatan Silatnas ini, menandakan bahwa pemuda kita masih kuat dan kokoh, tetap semangat walau dengan berbagai isu yang berkembang.

“Kami  sangat mengapresiasi dan memberikan penghargaan yang sangat besar kepada seluruh peserta Silatnas KNPI kota/kabupaten yang telah hadir untuk memenuhi undangan kami dan berkumpul untuk menyamakan persepsi bahwa KNPI masih bersatu, solid dan kokoh,” ujarnya

Selain itu, kami mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya kepada OC sejajarannya atas kontribusinya, dengan susah payah untuk mempersiapkan kegiatan. Akhirnya, terlaksana hari ini.

Bupati Bogor Nurhayanti yang diwakili Asda 1 Yos Sudarso mengucapkan selamat dan sukses atas terselenggaranya silaturahmi nasional KNPI se-Indonesia.

“Saya berharap teman teman KNPI bisa terus sinergi dengan pemerintah untuk meningkatkan kemandirian pemuda,” pungkasnya.

Turut hadir dalam acara ini yakni Forkompinda Kabupaten Bogor, DPP KNPI, DPD 1 Jawa Barat, para OKP, DPK KNPI se Kabupaten Bogor dan tamu undangan lainnya. (Asnawi S.Sos/Ketua KNPI Bireuen)

BAGIKAN