KABAR BIREUEN-Pedagang musiman yang menjajalkan berbagai permainan anak-anak di sepanjang Alun-Alun Pusat Kota Bandar Bireuen pada hari raya Idul Adha tahun ini sepi dari pembeli.

Sepinya pengunjung dirasakan salah satu pedagang musiman yang menjual senjata mainan M.Zamil Ibrahim (46) kepada Kabar Bireuen, Jumat sore (24/8/2018) mengaku, omset penjualannya di hari raya Idul Adha tahun ini berkurang, karena sepi dari pembeli. Bila dibandingkan pada hari raya Idul Fitri lalu, lapak tempat mereka berdagang selalu dipadati pembeli.

Sesekali, memang ada pembeli yang mampir ke lapaknya, kebanyakan hanya melihat-lihat saja, lalu kemudian berlalu dan pergi tanpa membeli.

Sudah memasuki lebaran Idul Adha ketiga, namun animo warga untuk membeli sangat berkurang.

Ia menduga kondisi perekonomian yang lagi sulit ditambah lagi dengan para PNS dan karyawan belum gajian, itulah yang membuat suasana pembeli menjadi sepi.

Hal senada juga dikatakan pedagang musiman lainnya Martini (38) merupakan pedagang kembang api dan mercon, mengaku dagangannya kurang laku.

Baginya lebaran Idul Adha tahun ini seperti musim paceklik, lantaran kembang api dan mercon yang dijualnya tak banyak terjual.

“Sepi sekali sekarang, padahal lebaran selalu identik dengan mainan anak-anak dan kembang api, tak seperti lebaran Idul Fitri lalu menjadi momen mengais untung,” ungkapnya. (Herman Suesilo)

BAGIKAN