KABAR BIREUEN-Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) melalui panitia lokal Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bireuen akan menggelar kegiatan Sepeda Nusantara Etape Kota Juang Bireuen.

Kegiatan Sepeda Nusantara Etape Kota Juang Bireuen dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Bireuen ke-19 dan Hari Pahlawan 2018 tersebut dijadwalkan dilaksanakan Minggu, 11 November 2018.

Hal itu dikatakan Plt Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bireuen, Drs Muhammad Nasir M.Pd melalui Kabid Pemuda dan Olahraga, Muhammad Al Mutaqqin, M.Pd kepada wartawan dalam konferensi pers, Senin sore (22/10/2018).

Dikatakan Muhammad Al Mutaqqin, yang juga Ketua Panitia Lokal kegiatan Sepeda Nusantara tersebut, di Provinsi Aceh, ada  2 daerah yang menjadi penyelenggara kegiatan itu, yaitu Langsa dan Bireuen.

“Nantinya kegiatan sepeda Nusantara dilaksanakan dalam bentuk sepeda santai. Kita targetkan 5 ribu peserta, minimal 4 ribu orang akan mengikuti even olahraga Kemenpora itu,” jelasnya.

Kegiatan ini didukung penuh semua komunitas sepeda di Bireuen, even ini secara langsung menyentuh dan mengajak masyarakat untuk berolahraga demi mencapai budaya hidup yang sehat. “Ayo Olahraga, Bangun Indonesia”

Disebutkan Al Mutaqqin, dalam even itu akan disediakan hadiah berupa 8 sepeda sport (mountai bike) dan hadiah menarik lainnya.

Rute yang dilalui, sebut Al Mutaqqin, sejauh lebih kurang 10 kilometer, start Sepeda Nusantara dimulai di depan Meuligoe Bireuen, menuju Jalan Laksamana Malahayati, lalu ke Simpang Cot Unoe, belok ke Jalan Lipah Rayeuk, berlanjut ke Blang Cot Tunong lalu ke Jalan Elak dan selanjutnya melalui Jalan Hamzah T Bendahara (depan RSUD dr Fauziah) dan Finis di Meuligoe Bireuen.

“Kita sudah mulai mempersiapkan segala sesuatu terkait event tersebut. semoga semuanya berjalan lancar dan sukses tanpa kendala berarti,” harapnya.

Sepeda Nusantara 2018 adalah Kegiatan Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia. Untuk melaksanakan kegiatan itu, telah dibentuk panitia Nasional.

Selanjutnya Kemenpora menunjuk Pemerintah Kabupaten/Kota dan bekerjasama dengan Panitia Nasional untuk membentuk Panitia Pelaksana Daerah. (Ihkwati)

BAGIKAN