KABAR BIREUEN– Dalam kurun waktu enam bulan pada 2019, Satresnarkoba Polres Bireuen berhasil mengungkap kasus tindak pidana narkotika jenis sabu dan mengamankan 51 tersangka dengan jumlah barang bukti narkoba seberat 5 kg.

Sementara untuk kasus narkotika jenis ganja diamankan 36 tersangka dengan barang bukti sebanyak 58 kilogram.

Hal itu diungkapkan Kapolres Bireuen AKBP Gugun Hardi Gunawan SIK, M.Si dalam konferensi pers di Mapolres Bireuen, Senin siang (17/6/2019), didampingi Kasat Narkoba, Iptu M Nazir dan Kasat Reskrim Iptu Eko Rendi Oktama SH.

“Satnakorba Polres Bireuen pada Rabu, 15 Mei 2019, sekira pukul 20.00 WIB,  menangkap pelaku MZ, yang sebelumnya berdasarkan laporan masyarakat  dia diduga memiliki narkoba jenis sabu seberat 2 kilogram,” sebut Gugun.

Dikatakan Kapolres, MZ ditangkap di jalan pedesaan salah satu desa di Kecamatan Jeumpa Kabupaten Bireuen, Tim Opsnal Satresnarkoba menangkap MZ dan menyita 2 paket yang diduga narkotika jenis sabu dengan berat 1,48 gram, setelah dilakukan pemeriksaan MZ tidak mengakui jika dia memiliki 2 kg narkotika jenis sabu.

Personil Satresnarkoba Polres Bireuen tidak mempercayai keterangan MZ, kemudian melakukan penyelidikan lebih mendalam terhadap Handphonenya dengan bekerjasama dengan pihak lain dan didapatkan MZ memiliki narkotika Jenis sabu yang disimpan di rumahnya.

Dari analisa tersebut maka pada Kamis, 13 Juni 2019, sekira pukul 04.00 WIB, di rumahnya di salah satu desa di Kecamatan Jeumpa, Kabupaten Bireuen, Tim Opsnal Satresnarkoba menangkap FR, dan menyita barang bukti berupa satu Paket besar yang diduga narkotika jenis sabu yang dikemas dengan plastik bening yang dimasukkan ke dalam bungkusan teh  GUANYINWANG yang sudah diikat dengan plastik warna biru dengan berat 439,48 gram. FR merupakan anak buah MZ.

Selanjutnya Tim Opsnal Satresnarkoba melakukan pengembangan pada Kamis 13 Juni 2019, sekira pukul 05.30 WIB, di salah satu desa di Kecamatan Jeumpa, Kabupaten Bireuen, menangkap SA dan menyita satu paket besar yang diduga Narkotika jenis sabu yang dikemas dalam plastik bening dengan berat 391,32 gram. SA merupakan adik kandung MZ.

Adapun semua barang bukti tersebut berasal dari MZ dan dia memperoleh sabu tersebut dari AH yang sudah terlebih dahulu ditangkap oleh Personil Satresnarkoba Polres Bireuen.

Total barang bukti yang berhasil disita dari tersangka tersebut sebanyak 832,28 gram.

“Keempat tersangka tersebut setelah dilaksanakan Gelar Perkara terbukti memenuhi
unsur Pasal 114 Ayat (2) sub Pasal 112 Ayat (2) dari Undang-Undang Republik
Indonesia Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, dengan ancaman pidana penjara
paling singkat 6 Tahun dan paling lama 20 Tahun serta pidana hukuman mati,” jelasnya.

Kapolres menyebutkan, selain empat pelaku tersebut, informasi terbaru, pada Senin (17/6/2019), polisi juga berhasil mengungkap pelaku narkoba jenis sabu seberat lebih kurang 1 kg di kawasan Jeunieb. (Ihkwati)

BAGIKAN