Direktur RSUD dr Fauziah Bireuen, dr Mukhtar Mars

KABAR BIREUEN- Saat ini Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Fauziah Bireuen yang sudah ditingkatkan statusnya menjadi Rumah Sakit Regional Wilayah Timur, namun belum dapat menangani pasien yang mengalami penyakit Talasemia atau kelainan darah.

Karena hanya memiliki alat khusus mencuci darah saja dan jika ada pasien penyakit Talasemia masih harus dirujuk ke RSUZA Banda Aceh.

“Insya Allah RSUD dr Fauziah dalam waktu dekat akan mengupayakan alat penanganan penyakit Talasemia agar dapat melayani pasien penyakit Talasemia,” sebut Direktur RSUD dr Fauziah dr Mukhtar Mars kepada Kabar Bireuen di ruang kerjanya, Rabu (17/1/2018)

Dikatakan, penanganan pasien penyakit Talasemia membutuhkan ruangan atau Poli tersendiri dan peralatan yang memadai.

Menurut dr Mukhtar, pihak RSUD dr Fauziah Bireuen sudah membahas rencana membuka pelayanan penyakit Talasemia sehubungan dengan peningkatan status Rumah Sakit dr Fauziah menjadi Rumah Sakit Regional Wilayah timur.

“Ruangan sudah tersedia namun beberapa fasilitas pendukung belum ada, sehingga pasien Talasemia untuk sementara belum bisa ditangani di RSUD Bireuen,” katanya.

Sangat diharapkan dukungan semua pihak agar rencana membuka pelayanan Talasemia dapat segera terwujud yang saat ini banyak pasien penyalit Talasemia berobat ke RSUZA Banda Aceh.

“Sementara penanganan cuci darah sudah dilaksanakan sejak tahun 2016 menangani puluhan pasien setiap hari dengan mesin cuci darah yang sudah tersedia sembilan unit,”pungkas Mukhtar. (Abu Iskandar)

 

BAGIKAN