Zikir Maulid di Masjid Geudong-Geudong Kota Juang Bireuen

KABAR BIREUEN- Gema zikir Maulid dibawakan santri Dayah Nurul Islam berkumandang di komplek Masjid Geudong-Geudong Keamatan Kota Juang, Bireuen, Minggu pagi (21/1/2018).

Tradisi kenduri Maulid penghulu Alam Nabi Besar Muhammad SAW masih sangat kental bagi masyarakat Aceh.

Sejak pagi seluruh warga Geudong-Geudong berbondong-bondong mengantarkan penganan kenduri Maulid ke Masjid Geudong- Geudong untuk disajikan kepada ribuan tamu undangan baik warga Desa Geudong-Geudong maupun tamu kota Bireuen dan sekitarnya.

Keuchik Desa Geudong-Geudong, Tgk Marzuki dalam keterangannya kepada Kabar Bireuen mengatakan, tradisi kenduri Maulid memperingati Hari kelahiran Penghulu Alam Rasulullah SAW bagi masyarakat di Aceh khususnya di Desa Geudong-Geudong setiap tahun masih sangat kental.

“Bagi warga Desa Geudong-Geudong yang memiliki hewan ternak ayam, itik, dan kambing dari jauh hari hari meniatkan diantara hewan ternak peliharaannya untuk kenduri Maulid. Tidak akan dijual lagi meski ada orang yang ingin membeli dengan harga mahal sekalipun,” sebutnya.

Amatan Kabar Bireuen menjelang siang hari ribuan warga, tamu undangan kota Bireuen dan sekitarnya berbodong-bondong menghadiri undangan untuk menikmati sajian kenduri Maulid yang sangat istimewa disajikan warga masyarakat Desa Geudong-Geudong. (Abu Iskandar).

BAGIKAN