KABAR BIREUEN – Ratusan anggota Persit Kartika Chandara Kirana (KCK) dari Tiga Matra yang ada di jajaran Koorcab Rem 011, khususnya di wilayah Kota Lhokseumawe menerima pencerahan bahaya penyakit Kanker Serviks. Kegiatan tersebut berlangsung di Gedung Aula Ahmad Yani Korem 011/Lilawangsa, Jumat (6/4/2018).

Ketua persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 011 Ny Rini Agus Firman Yusmono mengatakan, kegiatan diadakan selain bertujuan pentingnya pengetahun kesehatan bagi kalangan kaum wanita, khususnya para ibu-ibu anggota persit Kartika Chandra Kirana Tiga Matra di jajaran Koorcab Rem 011 yaitu akan bahayanya penyakit serviks, kemudian kegiatan diselenggarakan masih dalam rangkaian memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-72 Persit, katanya.

Ny Rini mengharapkan, kepada seluruh anggota persit yang hadir, hendaknya benar-benar memahami apa yang akan disampaikan oleh dokter nantinya.

“Dan tanyakan apabila ada yang belum dipahami, sehingga para ibu-ibu sekalian memahami dan mampu menjaga tubuh agar tetap sehat dan terhindar dari bahayanya penyakit tersebut,” sebut Ny Rini Agus Firman Yusmono.

Selanjutnya Dokter ahli kanker serviks Dr Iskandar Albin, SpOG menjelaskan, bahwa penyakit kanker serviks sangat berbahaya terjadi pada kaum wanita di seluruh dunia.

“Adanya kanker akibat terjadi saat ada sel-sel di leher rahim yang tidak normal, sehingga terus berkembang secara tidak terkendali,” ungkapnya.

Kemudian Sel-sel abnormal tersebut, lanjutnya, bisa berkembang dengan cepat serta mengakibatkan tumor pada serviks. Selanjutnya tumor tersebut menjadi ganas dan terus berkembang dari berbagai penyebab di antaranya seperti flek atau pendarahan di luar jadwal menstruasi, maupun lainnya sehingga semua itu menjadi penyebab timbulnya kanker serviks

Dianjurkan, bila dalam keseharian merasa tidak nyaman pada tubuh, hendaknya lebih baik melakukan langkah pasti yaitu memeriksanya ke dokter, sehingga akan cepat di ketahui apakah diri kita dalam keadaan normal sehat ataupun sebaliknya.

“Namun saat ini dapat dilakukan melalui tes pap smear secara rutin yang dapat membantu mengetahui adanya kanker serviks secara dini,” harap Dr Iskandar Albin SpOG.

Acara pencerahan tentang Kanker Serviks dalam rangka HUT Ke-72 Persit dihadiri antara lain, Ketua Persit KCK Koorcab Rem 011 Ny Rini AGus Firman Yusmono, Wakil Ketua Persit KCK Koorcab Rem 011, para Ketua Cabang dan Anak Ranting dari Tiga Matra di jajaran Koorcab Rem 011, para pengurus persit KCK Koorcab Rem 011 beserta Ratusan ibu-ibu anggota persit yang hadir. (REL)

BAGIKAN