KABAR BIREUEN – Pusat Pelatihan Darul Lughah Al-Arabiyah, Ahad (27/1/2019) di Dayah Ash-Habul Yamin Aceh Utara kembali menggelar Wisuda Akbar Angkatan ke-II tahun 2019 bagi para peserta yang telah mengikuti program intensif 90 hari lancar berbahasa Arab.

Para wisudawan yang berjumlah 130 orang berasal dari Dayah Ash-Habul Yamin Aceh Utara yang dipimpin oleh Tgk. Abu Bakar (Abon Buni). Dayah tersebut telah melakukan kerjasama dengan Darul Lughah Al-Arabiyah untuk peningkatkan kualitas dan kemampuan para santri dalam berbahasa Arab.

Acara wisuda tersebut dihadiri oleh ketua IKAT Aceh Fadhil Rahmi, Lc, Pengawas Darul Lughah Al-Arabiyah Dr. Abizal Muhammad Yati, Lc MA, Direktur Darul Lughah Al-Arabiyah Muhammad Yasir, SKom I, MA, para pimpinan dari Dayah Ash-Habul Yamin, serta 1500 santri dan wali santri.

Menurut Direktur Darul Lughah Al-Arabiyah Muhammad Yasir, SKom I, MA, proses pembelajaran bahasa Arab berlangsung 90 hari secara intensif.

“Dalam 90 hari tersebut para peserta menuntaskan 3 level tingkatan pembelajaran bahasa Arab, yaitu, pemula, menengah dan level lanjutan. Yang berarti mereka telah menguasai 6 kitab Al-Arabiyah baina Yadaik secara aplikatif,” katanya.

Di awal-awal program ini dijalankan, lanjut Muhammad Yasir, banyak orang yang ragu akan keberhasilan program ini. “Namun seiring dengan berjalannya waktu para peserta mulai aktif berbicara bahasa Arab,” tandas Direktur Darul Lughah.

Keberhasilan program ini juga diakui oleh para wali santri pesantren tersebut. Pada kesempatan itu turut ditampilkan debat berbahasa Arab oleh wisudawan.

Mawardi, mewakili salah seorang wali santri dalam sambutannya mengutarakan rasa bangganya melihat hasil yang telah dicapai oleh para santri dalam pembelajaran bahasa Arab. Ia berharap, Dayah Ash-Habul Yamin dapat menjadi contoh untuk dayah atau pesantren lainnya dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Arab bagi para santrinya.

Selanjutnya, Mawardi juga mengharapkan ada lembaga pendidikan lainnya yang ikut melakukan kerjasama dengan Darul Lughah Al-Arabiyah dalam peningkatan kualitas pembelajaran bahasa Arab.

Kemudian, Ketua IKAT Aceh Ustadz Fadhil Rahmi Lc menyampaikan apresiasi atas keberhasilan program 90 hari lancar berbahasa Arab tersebut.

Senior dari Ustadz Abdul Somad ini juga merekomendasikan Darul Lughah Al-Arabiyah sebagai wadah untuk mewujudkan masyarakat Aceh pintar berbahasa Arab di masa yang akan datang dan sebagai pintu gerbang untuk melanjutkan pendidikan ke Timur Tengah. (Rizanur)

BAGIKAN