KABAR BIREUEN-Pengelolaan arsip Pemerintah Kabupaten Bireuen harus diarahkan untuk memberdayakan arsip sebagai tulang punggung manajemen modern dan pendayagunaan aparatur daerah.

Dalam artian pengelolaan arsip di instansi Pemerintah Kabupaten Bireuen dapat dijadikan sebagai sumber informasi bagi manajemen Pemerintah dan masyarakat.

Hal itu disampaikan Bupati Bireuen diwakili Staf Ahli Husaini SH, MM, pada pembukaan acara Sosialisasi Sarana dan Prasarana Kearsipan di Lingkungan Instansi Pemerintahan Kabupaten Bireuen. Sosialisasi yang di gelar Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bireuen, berlangsung di Aula Lama Setdakab, Rabu.(10/7/2019) pagi.

Dijelaskan, salah satu permasalahan kearsipan adalah semakin bertambahnya volume arsip, sepanjang pemerintahan menjalankan aktivitas, maka arsip akan terus bertambah. Masih banyak kita temui kantor dan ruang penyimpanan arsip berisikan tumpukan arsip yang tidak teratur, bukan tidak mungkin di dalam tumpukan tersebut terdapat arsip penting atau arsip aset pemerintah yang harus diselamatkan.

Disinilah kegiatan penataan arsip perlu dilakukan, tujuannya adalah terwujudnya tertib arsip, kemudahan dalam penemuan kembali arsip dan penyelamatan arsip yang memiliki informasi tinggi.

Menurutnya, Sejak tahun 2014 sampai sekarang Bidang Kearsipan Kabupaten Bireuen telah melakukan Pembinaan dan Penataan Dokumen Arsip Daerah sebanyak 38 SKPK baik Dinas, Badan, Kantor serta Lembaga yang ada di lingkungan Pemerintah/Swasta dalam Kabupaten Bireuen.

Kepada peserta sosialisasi supaya benar-benar memanfaatkan kesempatan yang baik untuk menambah ilmu pengetahuan dan pemahaman. Hal ini diperlukan guna menunjang dalam meningkatkan kompetensi pegawai sejalan dengan tujuan dan sasaran kegiatan ini.

“Peserta diharapkan bisa mengaplikasikan sekaligus mentransformasikan ilmu di unit kerjanya masing-masing,” harap Husaini.

Sebelumnya, panitia pelaksana Saifuddin S.Ag melaporkan, kegiatan ini diikuti sebanyak 50 orang sebagai peserta, terdiri dari 17 orang dari Kasubbag Umum Kecamatan se Kabupaten Bireuen, 17 orang dari Asosiasi Sektaris Desa se Kabupaten Bireuen dan 16 orang dari dinas terkait dalam Kabupaten Bireuen.

“Dengan harapan setelah mengikuti kegiatan Sosialisasi ini dapat memahami dan mengfungsikan arsip pada tempat yang semestinya,” ujar Kasie Tata Kelola Kearsipan. (Herman Suesilo).

 

BAGIKAN