KABAR BIREUEN– Pos Pelayanan Teknologi Tepat Guna (Posyantek) Girmapan Gampong Pante Lhong Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen berhasil membuat tong sampah ajaib yang diberi nama dengan “Barrel T-01”.

Kegiatan yang dipusatkan di Sekretariat Girmapan, Minggu (16/4/2017) diinstrukturi oleh Fauzan Amir (28), salah seorang tokoh muda Gampong Pante Lhong.

Fauzan Amir kepada Kabar Bireuen menyebutkan, tong sampah ajaib itu mereka instalasi dari barang yang mudah didapatkan oleh masyarakat.

“Kita coba mengembangkan alat sederhana ini untuk menguraikan sampah menjadi tidak sampah lagi atau zero waste dan hasil produksinya ramah lingkungan,” katanya disela-sela perakitan tong sampah ajaib ini.

Dikatakan salah satu anggota teras dari Posyantekdes Girmapan tersebut, kegunaan tong ampah ajaib ini adalah mengurai sampah rumah tangga menjadi kompos dan pupuk cair yang sangat bermanfaat bagi nutrisi tanaman.

“Baik tanaman keras maupun tanaman lunak serta tetap menjadikan tanah kaya akan unsur hara yang alami,” sebutnya.

Ditambahkannya, pihaknya nantinya akan dikembangkan Barrel T-02 yang bisa ditanami tanaman keperluan rumah tangga seperti cabe, tomat, bawang dan lainnya sehingga bisa mengirit pengeluaran rumah tangga untuk bumbu-bumbu dapur.

Posyantek Girmapan Gampong Pante Lhong yang diketuai oleh Murizal Pangeran ini sebelumnya juga telah mempraktekkan pengolahan limbah boh giri matang menjadi beberapa produk yang bermanfaat untuk kesehatan dan produk ramah lingkungan.

Dalam kesempatan yang sama Murizal Pangeran menyatakan, permasalahan sampah adalah permasalahan serius karena bisa berdampak buruk terhadap kesehatan dan lingkungan bila tidak ditangani.

“Semoga tong sampah ajaib ini bisa memberi sedikit solusi kepada masyarakat dan pemerintah daerah dalam penanganan sampah, khususnya limbah rumah tangga,” harapnya.

Posyantek Girmapan siap belajar dan mengajari teknik Instalasi tong sampah ajaib ini kepada masyarakat luas atau bagi yang berminat menggunakan tong sampah ajaib “Barrel T-01” di rumah bisa menghubungi mereka. (Ihkwati)

BAGIKAN