KABAR BIREUEN-Salah satu bentuk kegiatan pemberdayaan masyarakat dalam upaya kesehatan, Posyandu Ayeum Mata Gampong Krueng Simpo Kecamatan Juli, Kabupaten Bireuen, mengadakan kegiatan Posyandu Terintegrasi.

Kegiatan itu berlangsung di Balai Desa Gampong setempat, Senin (19/8/2019) pagi, dihadiri Perangkat Gampong, Unsur Lembaga Gampong, utusan Pukesmas Juli, Bidan. Kader Kesehatan Gampong setempat, PLD, TP-PKK, Masyarakat Gampong Krueng Simpo dan Undangan lainnya.

Pada kegiatan itu, Keuchik Gampong setempat, Safrizal S.Pd diwakili Sekretaris Zulheri dalam sambutannya mengatakan, Posyandu merupakan salah satu upaya kesehatan berbasis masyarakat yang bertujuan memberikan pelayanan kesehatan dasar kepada masyarakat.

Posyandu integrasi adalah kegiatan pelayanan kesehatan dasar Masyarakat dan pendidikan dalam aspek pemantauan tumbuh kembang anak, masyarakat dan pelaksanaanya dilakukan secara koordinatif dan integratif serta saling memperkuat antar program atau kegiatan Kesehatan dan Pendidikan.

“Selain itu, Kita harus focus untuk mencegah stunting, menurunkan angka kematian Ibu dan Anak, Imunisasi, pemberian PMT serta pelayanan kesehatan lainya yang bersifat mendasar,” katanya.

Dijelaskan, Pemerintah Gampong sangat mendukung kegiatan ini,
ini merupakan komitmen bersama untuk meningkatkan taraf kesehatan dan pendidikan masyarakat yang lebih baik.

Upaya yang dilakukan ini, dengan tujuan supaya seluruh masyarakat gampong memperoleh pelayanan kesehatan yang sama, apa lagi di gampong telah terbentuk Forum Gampong Sehat ( FGS).

“FGS bertugas, melakukan Sosialisasi, Perencanaan Program Kesehatan, Penanggulangan penanganan Penyakit Kronis serta mengidentifikasikan berbagai penyakit lainya dengan pendekatan Keluarga, demi mewujudkan indonesia sehat tahun 2020,” jelas Zulheri.

Sebelumnya, Ketua Posyandu Ayeum Mata Gampong Krueng Simpo Halimatussakdiah mengatakan, mulai Agustus Tahun 2019 dan seterusnya, pihaknya melakukan kegiatan posyandu berbeda dengan sebelumnya.

Konsep posyandu integrasi adalah perpaduan antara posyandu, BKB, BKL, BKR dan PAUD semua kegiatan ini di kolaborasikan menjadi satu kegiatan yang komplit.

Sehingga dengan kehadiran posyandu integrasi ini masyarakat lebih mudah mendapatkan pelayanan kesehatan secara maksimal.

“Apresiasi dan terima kasih kepada Puskesmas Juli, Bidan Desa, Pedamping Desa, Kader Kesehatan Gampong, Mitra Kerja Pemerintahan Gampong, dan seluruh masyarakat Gampong Krueng Simpo yang mendukung kegiatan ini,” ucap Halimatussakdiah. (Herman Suesilo)

BAGIKAN