KABAR BIREUEN– Polres Bireuen siap mengamankan Pemilu 2019 di wilayah hukumnya dengan menerjunkan ratusan personel pengamanan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada hari pencoblosan.

Hal itu dikatakan Kapolres Bireuen, AKBP Gugun Hardi Gunawan SIK MSi kepada wartawan usai parade karnaval budaya Millennial Road Safety Festival, Minggu siang (10/3/2019).

Dikatakannya, untuk mengqmankan TPS pada hari pencoblosan, 17 April 2019, pihaknya menurunkan 552 personel polisi.

Selain polisi, juga dibantu pengaman TPS dari anggota Linmas, dimana satu TPS ada dua anggota linmas, total Linmas yang dilibatkan berjumlah 2684 orang untuk menjaga 1342 TPS di seluruh Kabupaten Bireuen.

“Sementara personel TNI dilinatkan untuk menjaga objek-objek vital. Kita juga akan dibantu satu peleton Brimob BKO Jeulikat Lhokseumawe,” sebutnya.

Diungkapkan Kapolres, untuk TPS yang kategori kurang aman atau rawan, setiap TPS dijaga 2 personel.

“TPS kurang rawan berada jauh dari kota, di daerah pelosok dan pedalaman,” katanya.

Dia berharap, masyarakat ikut bersama-sama menjaga keamanan dan kedamaian jelang Pileg dan Pilpres tahun 2019 ini.

Gugun berharap pada pelaksanaan kampaanye Pileg dan Pilpres tak ada intimidasi atau pengancaman. Bireuen harus aman dan damai terus.

“Pernyataan salah satu tokoh Bireuen, Darwis Jeuneib yang menginginkan Pemilu 2019 berjalan lancar dan aman dengan tak menggangu dan memaksa orang lain itu bagus sekali.  seperti yang dikataknnya, Bek peukaru gob, bek paksa gob,” jelas Gugun.

Sementara itu, Bupati Bireuen H. Saifannur S.Sos pada kesempatan puncak acara tersebut mengatakan, keamanan bukan ditangan polisi atau aparat lainnya, tetapi tanggung jawab bersama- sama.

Saifannur mengajak semua elemen masyarakat agar membuat suasana tenang, aman dan tertib dalam pemilu ini jangan sampai timbul persoalan pesoalan baru.

“Masyarakat kita harapkan ikut menjaga keamanan dan jangan terpengaruh fitnah dan berita-berita hoaks yang banyak di media sosial,” pesannya.

Pada kesempatan itu, Bupati Saifannur mengajak anak muda agar menjaga dirinya, belajar dengan baik. Kabupaten Bireuen ditangan mereka-mereka ini. Bireuen harus jadi kota persahabatan.

“Pada Pileg dan Pilpres pilihlah siapa yang anda senang,  yang disuka, yang dicintai, baik para caleg atau presiden. Tapi harus tertib, damai, aman dan sopan,” pungkasnya. (Ihkwati).

BAGIKAN