KABAR BIREUEN– Pusat Kajian Pendidikan dan Masyarakat (PKPM) sebagai mitra The Asia Foundation (TAF) dalam Program KOMPAK bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Bireuen mengadakan Workshop.

Workshop Pelembagaan Pelayanan Berjenjang Melalui Penyusunan Peraturan Bupati untuk Perluasan Cakupan Akta Kelahiran, Akta Kematian dan Adminduk lainnya itu dilaksanakan di Oproom Kantor Pusat Pemerintahan Kabupaten Bireuen, Rabu-Kamis (24-25/1/2018).

Kegiatan itu bertujuan untuk memperkuat kerjasama lintas sektor dan disepakatinya rancangan kisi-kisi sebagai dasar dalam penyusunan Peraturan Bupati Kabupaten Bireuen tentang Perluasan Cakupan Akta Kelahiran, Akta Kematian dan Administrasi Kependudukan.

Dengan workshop tersebut diharapkan dapat menyusun rancangan Draf Perbup pelayanan berjenjang tentang akta kelahiran, akta kematian dan adminduk lainnya.

Selanjutnya, berbagai stakeholders yang terlibat dapat memberikan masukan untuk dijadikan sebagai bahan dalam penyusunan draft rancangan Perbub.

Lalu membahas rencana tindak lanjut penyusunan rancangan Perbub untuk pelembagaan pelayanan bejenjang tentang percepatan kepemilikan akta kelahiran, akta kematian, dan adminduk lainnya.

Kemudian aanya draf rancangan Perbub terkait pelayanan berjenjang tentang akta kelahiran, akta kematian dan adminduk lainnya.

Selain itu, juga adanya masukan dari berbagai pihak untuk dijadikan bahan dalam draft rancangan Perbup pelayanan berjenjang tentang akta kelahitan dan akta kematian.

Serta tersusunnya rencana tindak lanjut penyusunan rancangan Perbub untuk pelembagaan pelayanan berjenjang tentang percepatan kepemilikan akta kelahiran, akta kematian, dan adminduk lainnya.

Peserta diskusi secara keseluruhan berjumlah 39 orang, terdiri dari Bupati/Wakil Bupati, Bappeda, Bagian Hukum Setdakab,Disdukcapil, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Kemenag, DPMG, Dinsos, MPD, Koordinator Bidan Kecamatan, RSU, Keuchik, Forum Keuchik, DC Kompak, PKPM, GERAK, dan PPMN.

Adapun narasumber pada workshop tersebut dari Disdukcapil Bireuen, Puskapa UI Jakarta, DC Kompak Bireuen, PKPM Bireuen dan Gerak Bireuen.(Ihkwati).

BAGIKAN