PKK Kecamatan Peusangan Juara Lomba B2SA Se- Kabupaten Bireuen Tahun 2018

KABAR BIREUEN-Tim Penggerak PKK dari  Kecamatan Peusangan menjadi duta Kabupaten Bireuen untuk mengikuti lomba Cipta Menu Pangan Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) tingkat Provinsi Aceh 2018.

Keberhasilan PKK Kecamatan Peusangan menjadi duta Bireuen, setelah pada lomba  yang sama tingkat Kabupaten keluar sebagai juara pertama.

Lomba B2SA ini, diselenggarakan  Pemerintahan Kabupaten Bireuen melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan setempat berlangsung sehari, Rabu (4/7/2018) di halaman Pendopo Bupati setempat, diikuti PKK dari 17 kecamatan dalam Kabupaten Bireuen.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan setempat Irwan, SP,M.Si.kepada Kabar Bireuen mengatakan, tujuan diselenggarakan lomba cipta menu B2SA berbasis sumberdaya lokal yaitu, untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang pentingnya komsumsi pangan B2SA, meningkatkan pemahaman masyarakat dalam penerapan prinsip B2SA.

Selain itu, untuk mendorong dan meningkatkan kreativitas masyarakat dalam mengembangkan atau menciptakan menu B2SA berbasis sumberdaya lokal.

Kegiatan ini diharapkan dapat menwujudkan penganekaragaman komsumsi pangan sebagai dasar pemantapan ketahanan pangan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

Kita ketahui, kata Irwan, kualitas dan kuantitas pangan sebagai besar masyarakat masih rendah yang dirincikan pada pecapaian skor pola pangan harapan (PPH) Kabupaten Bireuen tahun 2017 baru mencapai skor 70,6.

“Pelaksanaan lomba B2SA Provinsi, direncanakan pada 8/8/2018, di Komplek Safiatuddin, bersamaan dengan kegiatan Pekan Kebudayaan Aceh di Banda Aceh,” jelas Kadis Ketahanan Pangan dan Perikanan Bireuen ini.

Berikut daftar para juara, Juara 1. Kecamatan Peusangan, Juara 2. Kecamatan Kuala dan Juara 3 Kecamatan Simpang Mamplam.

Kemudian juara harapan 1,2 dan 3 masing-masing Kecamatan Jeunieb, Kecamatan Makmur dan Kecamatan Samalanga. (Herman Suesilo).

BAGIKAN