KABAR BIREUEN – Tim Penggerak PKK Aceh, menggelar Pelatihan Penguatan Kader Posyandu Dalam Pendampingan Ibu Hamil dan Pemanfaatan Buku KIA (Kesehatan Ibu dan Anak).

Kegiatan yang diikuti 30 Kader Posyandu dan tim penggerak PKK dari 17 Kecamatan di Bireuen berlangsung Jumat (2/11/2018) di Oproom Meuligoe Bupati Bireuen.

Ketua Panitia Pelatihan, Dr Dewi Mariyanti MKep, dalam sambutannya menyebutkan, pelatihan penguatan kader Posyandu tersebut dilakukan untuk memberdayakan kader Posyandu di setiap desa.

“Dengan pelatihan ini, diharapkan, kedepan bagaimana kita memberdayakan kader kesehatan untuk melatih ibu-ibu hamil di tingkat kecamatan dan desa,” sebutnya.

Dikatakan Dewi Mariyanti, buku KIA yang telah dibagikan ke semua ibu yang dinyatakan hamil, apakah buku KIA itu digunakan atau tidak. Selama ini sering kali ibu hamil tidak menggunakan buku KIA.

Padahal, katanya, program pemerintah agar ibu-ibu hamil dapat membaca buku KIA, tapi kenyataannya, ibu hamil selama ini jarang mempergunakan buku KIA itu.

“Karena itu, kita harapkan buku KIA itu harus digunakan oleh ibu hamil. Sebab, dalam buku itu, ibu hamil akan membaca apa-apa yang belum diketahuinya. Makanya saat ini kita berikan pelatihan kepada kader Posyandu untuk diteruskan kepada ibu hamil,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua PKK Bireuen, Nurjannah Ali SE MM menyebutkan, dengan mengikuti pelatihan ini, diharapkan kepada seluruh kader posyandu dapat menjadi fasilitator dan inisiator dalam memberikan pengetahuan kepada ibu hamil serta meningkatkan pelayanan Posyandu di Kabupaten Bireuen. (Ihkwati)

 

BAGIKAN